Re-view Jurnal PTK dengan metode Problem Solving


Assalamu’alaikum Waromatullahi Wabarokatuh ukhtyfillah !!!
Ini adalah re-view ke-tiga yaaaaaaa!!
Menurut sudut pandang penulis mengenai Jurnal yang berkaitan dengan Penelitian Tindakan Kelas atau yang biasa disebut dengan PTK.

Okayyy
Check this out!
Judul
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DI KELAS XII IPA 1 SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018 SMA NEGERI 1 PINANGSORI KABUPATEN TAPANULI TENGAH
Jurnal
Nusantara ( Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial )
Volume dan Halaman
Volume 2 Nomor 1
ISSN
e-ISSN 2541-657X
Tahun
2018
Penulis
Hotma Saritua Tarihoran, S.Pd, M.M
Reviewer
Monika Tiara Darma
Tanggal
18 February 2019
Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah yang dilakukan dengan menggunakan pembelajaran metode pemecahan masalah ( Problem Solving ).
Subjek penelitian
Subjek penelitiannya adalah siswa-siswi SMA N 1 Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah Kelas XII IPA 1 Semester Ganjil Tahun ajaran 2017/2018
Metode penelitian
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Classroom Action Research (CAR) atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  dengan menggunakan pembelajaran metode pemecahan masalah ( Problem Solving ).
Hasil penelitian
Setelah dilakukan tindakan kelas berupa penerapan metode pembelajaran pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan, demikian pula peningkatan perubahan keaktifan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar fisika. Di samping itu pemahaman siswa tentang belajar fisika khususnya dengan pembelajaran model problem solving makin meningkat. Secara umum siswa telah mampu memecahkan permasalahan sendiri tanpa dikomandokan oleh guru.
Hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran pemecahan masalah menjadi meningkat. Sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata fisika kelas XII IPA 1 adalah 52,37 dan standar deviasi 17,82 setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai hasil belajar siswa rata-ratanya adalah 68,70 dan standar deviasi 10,21.
Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa menjadi meningkat yaitu 78,00 atau kategori sedang dengan standar deviasi 7,95 artinya penyebaran nilai rata-rata siswa semakin baik. Sebelum dilakukan tindakan kategori rata-rata hasil belajar siswa berada pada kategori rendah dengan tingkat ketuntasan 55,26% (21 orang yang tuntas dari 38 siswa). Pada siklus I setelah dilakukan tindakan hasil belajar siswa sudah berada pada kategori sedang dengan tingkat ketuntasan 68,42% (26 orang yang tuntas dari 38 siswa). Pada siklus II setelah dilaksanakan tindakan lebih lanjut  sebagai hasil refleksi dari siklus I hasil belajar siswa berada pada kategori sedang dengan tingkat ketuntasan 94,72%. Pada siklus ini 2 orang siswa yang tidak tuntas. 
Kekuatan penelitian
Jurnal ini mengutip dari beberapa sumber yang semuanya adalah sumber buku. Ada 5 sumber buku yang dikutip dengan pengulangan siklus pada penelitian sebanyak dua kali dimana itu sudah memenuhi persyaratan penelitian PTK dimana minimal 2 kali pengulangan.
Kesimpulan
Pembelajaran dengan menggunakan problem solving merupakan suatu cara atau metode yang baik dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Pinangsori khususnya di kelas XII IPA 1.  Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan, demikian pula peningkatan perubahan keaktifan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar fisika. Di samping itu pemahaman siswa tentang belajar fisika khususnya dengan pembelajaran model problem solving makin meningkat. Secara umum siswa telah mampu memecahkan permasalahan sendiri tanpa dikomandokan oleh guru.
Keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran setelah dilakukan tindakan baik pada siklus I dan siklus II semakin meningkat. Hal ini ditandai dengan frekuensi kehadiran siswa mengikuti pelajaran fisika semakin baik. Dari aktivitas siswa dalam pembelajaran menunjukkan terjadi peningkatan siswa yang berani mengemukakan pendapat dalam pemecahan masalah.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merawat dan Membersihkan Alat Laboratorium

TT Strategi Belajar Mengajar