SILABUS FISIKA SMA KELAS XI
SILABUS MATA PELAJARAN: FISIKA
Satuan Pendidikan :
SMA
Kelas /Semester :
XI
Kompetensi Inti
KI. 1 Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI. 2 Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI. 3 Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI. 4 Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan
yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya
melalui pengamatan
fenomena alam fisis dan pengukurannya
|
Analisis vektor untuk, gerak parabola dan gerak
melingkar
·
Posisi, kecepatan, dan percepatan gerak dua dimensi (gerak lurus dan gerak
parabola)
·
Posisi, kecepatan, dan percepatan gerak melingkar
|
Mengamati
·
Mengamati
simulasi ilustrasi gerak dua dimensi (gerak lurus dan gerak parabola) dan gerak melingkar
Mempertanyakan
·
Mempertanyakan
tentang pengunaan vektor dalam gerak parabola dan gerak melingkar
Mengeksplorasi
·
Mendiskusikan
vektor posisi, kecepatan dan percepatan gerak dua dimensi (gerak lurus dan
gerak parabola)
·
Mendiskusikan
hubungan posisi, kecepatan, dan percepatan gerak parabola
·
Mendiskusikan
hubungan posisi sudut, kecepatan, dan percepatan gerak melingkar
Mengasosiasi
·
Mendiskusikan
hubungan antara jarak tempuh dengan sudut tempuh, kecepatan linier dengan
kecepatan sudut, dan percepatan linier dengan percepatan sudut pada gerak rotasi
·
Memprediksi
posisi dan kecepatan pada titik tertentu berdasarkan pengolahan data
percobaan gerak parabola
·
Mendiskusikan
pemecahan masalah gerak melingkar pada
pengamatan kehidupan sehari-hari secara berkelompok
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan hasil
kegiatan diskusi
kelompok tentang pemecahan masalah
gerak melingkar
|
Tugas
Menyelesaikan masalah tentang posisi, perpindahan
partikel pada gerak
parabola dan gerak melingkar
Portopolio
Bahan
presentasi
Observasi
Checklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok
Tes
Tertulis tentang gerak dua dimensi parabola dan gerak rotasi
|
12JP
(3 x 4 JP)
|
Sumber
·
FISIKA SMA Jilid2, Pusat Perbukuan
·
Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
·
e-dukasi.net
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan
berdiskusi
|
|||||
3.1 Menganalisis gerak parabola dan gerak melingkar
dengan menggunakan vektor
|
|||||
4.1
Mengolah dan menganalisis data hasil percobaan gerak parabola dan gerak
melingkar
|
|||||
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang
menciptakan dan mengatur alam jagad raya
melalui pengamatan
fenomena alam fifis dan pengukurannya
|
Hukum Newton tentang
Gravitasi
·
gaya
gravitasi antar partikel
·
kuat
medan gravitasi dan percepatan gravitasi
·
hukum
Kepler
|
Mengamati
·
Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang keseimbangan yang
terjadi pada sistem tatasurya dan gerak planet melalui berbagai sumber.
Mempertanyakan
·
Mempertanyakan pemikiran
dirinya terhadap keteraturan gerak
planet dalam tatasurya berdasarkan hukum-hukum Newton
Mengeksplorasi
·
Mendiksusikan konsep gaya gravitasi dan kuat medan
gravitasi
·
Mendiskusikan hukum Kepler berdasarkan hukum Newton
tentang gravitasi
·
Membuat perbandingan pemahaman tentang gerak Bumi dan
Matahari dalam tatasurya
·
Mengeksplorasi
data dan informasi tentang satelit geostasioner (kegunaan, kemanpuan,
kedudukan, dan kecepatan geraknya) melalui berbagai sumber secara berkelompok
Asosiasi
·
Membuat ulasan tentang hubungan antara kedudukan,
kemampuan, dan kecepatan gerak satelit berdasarkan data dan informasi hasil
eksplorasi dengan menerapkan hukum Kepler
Mengomunikasikan
·
Presentasi kelompok tentang data kegunaan, kemampuan, ketinggian, dan
kecepatan satelit geostasioner
|
Tugas
Menyelesaikan masalah tentang konsep gerak, gaya dan
keseimbangan yang terjadi pada sistem tatasurya dan gerak planet
Observasi
Checklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok
Portopolio
Bahan presentasi
Tes
Tertulis tentang gaya gravitasi, kuat medan
gravitasi, dan percepatan gravitasi
|
8 JP
(2 x 4 JP)
|
Sumber
·
FISIKA SMA Jilid2, Pusat Perbukuan
·
e-dukasi.net
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan
berdiskusi
|
|||||
3.2 Mengevaluasi
pemikiran dirinya terhadap keteraturan
gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukum-hukum Newton
|
|||||
4.2 Menyajikan data dan informasi tentang
satelit buatan yang mengorbit bumi dan permasalahan yang ditimbulkannya
|
|||||
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang
menciptakan dan mengatur alam jagad raya
melalui pengamatan
fenomena alam fisis dan pengukurannya
|
Usaha dan energi
· Energi kinetik dan
energi potensial (gravitasi dan pegas)
· Konsep usaha
· Hubungan usaha dan
energi kinetik
· Hubungan usaha dengan
energi potensial
·
Hukum kekekalan energi mekanik
|
Mengamati
·
Mengamati peragaan atau simulasi
usaha positif, usaha negatif dan usaha nol
Mempertanyakan
·
Mempertanyakan tentang hubungan antara usaha dan energi
dalam menyelesaikan berbagai peristiwa sehari-hari
Eksperimen/Ekplorasi
·
Mendiskusikan tentang energi kinetik dan energi
potensial (energi potensial gravitasi dan pegas)
·
Mendiskusikan hubungan usaha dengan perubahan energi
kinetik dan energi potensial
·
Mendiskusikan bentuk hukum kekekalan energi mekanik
·
Eksplorasi penerapan hukum kekekalan energi mekanik
pada gerak parabola, gerak pada bidang lingkaran, dan gerak satelit/planet
dalam taa surya
Mengasosiasi
·
Mengelompokan bentuk hukum kekekalan energi mekanik
pada berbagai gerak (gerak parabola, gerak pada bidang lingkaran, dan gerak
satelit/planet dalam tata surya
Mengomunikasikan
·
Presentasi hasil diskusi kelompok
|
Tugas
Menyelesaikan masalah tentang usaha, energi kineti,
energi potensial dan hukum kekekalan energi mekanik
Observasi
Checklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok
Portopolio
Resume hasil diskusi
Tes
Tertulis tentang hubungan usaha dengan perubahan energi dan hukum kekekalan energi mekanik
|
16 JP
(4 x 4 JP)
|
Sumber
·
FISIKA SMA Jilid2, Pusat Perbukuan
·
Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
·
e-dukasi.net
|
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
|||||
3.3 Menganalisis
konsep energi, usaha, hubungan usaha dan perubahan energi, dan hukum
kekekalan energi untuk menyelesaikan permasalahan gerak dalam kejadian
sehari-hari
|
|||||
4.3 Memecahkan
masalah dengan menggunakan metode ilmiah terkait dengan konsep gaya, dan
kekekalan energi
|
|||||
1.1
Menyadari kebesaran Tuhan yang
menciptakan dan mengatur alam jagad raya
melalui pengamatan
fenomena alam fisis dan pengukurannya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan
berdiskusi
|
Getaran Harmonis
·
Karakteristik getaran harmonis
(simpangan, kecepatan, percepatan, dan gaya pemulih) pada ayunan bandul dan
getaran pegas
·
Persamaan simpangan, kecepatan,
dan percepatan
|
Mengamati
Peragaan atau simulasi
getaran harmonik sederhana pada ayunan bandul atau getaran pegas,
Mempertanyakan
Mempertanyakan
getaran harmonis pada ayunan bandul dan getaran pegas
Eksperimen/eksplorasi
·
Eksplorasi tentang karakteristik gejala getaran (kecepatan, simpangan, dan frekuensi)
·
Eksplorasi tentang persamaan simpangan, kecepatan, dan
percepatan getaran
· Mendiskusikan tentang gaya pemulih pada
ayunan bandul dan getaran pegas
· Melakukan percobaan
getaran harmonis pada ayunan bandul dan getaran pegas
Mengasosiasi
·
Mengolah
data percobaan ke dalam grafik, menentukan persamaan grafik, dan
menginterpretasi data dan grafik untuk menenukan karakteristik getaran
harmonik pada ayunan bandul dan getaran pegas
Mengomunikasikan
·
Membuat laporan hasil eksperimen dan
diskusi
|
Tugas
Menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan
karakteristik getaran
Observasi
Checklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok
Portopolio
Laporan praktikum
Tes
Tertulis tentang persamaan simpangan, kecepatan dan
percepatan getaran harmonis
|
12 JP
(3 x 4 JP)
|
Sumber
·
FISIKA SMA Jilid2, Pusat Perbukuan
·
Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
·
e-dukasi.net
Alat
·
statif
·
stopwatch
·
beban
gantung
·
pegas
atau karet
·
mistar
|
3.4 Menganalisis hubungan antara gaya dan gerak getaran
4.4 Merencanakan dan melaksanakan percobaan getaran harmonis
pada ayunan bandul dan getaran pegas
|
|||||
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan
yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya
melalui pengamatan
fenomena alam fisis dan pengukurannya
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
3.5 Mendeskripsikan
momentum dan impuls, hukum kekekalan momentum, serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
4.5 Memodifikasi roket sederhana dengan
menerapkan hukum kekekalan momentum
|
Momentum, impuls,
dan tumbukan
|
Mengamati
·
Mencari informasi tentang momentum, impuls, hubungan antara impuls dan momentum serta tumbukan dari berbagai sumber belajar.
·
Menyimak ilustrasi tentang tumbukan benda yang dihubungkan dengan konsep-konsep
momentum, impuls dan hukum kekekalan momentum dalam kehidupan sehari-hari
Menanyakan
Menanyakan
konsep momentum, impuls, hubungan antara impuls dan momentum serta hukum kekekalan momentum Mengasosiasi
Menganalisis
berbagai
masalah tumbukan dengan menggunakan hukum kekekalan
momentum
Ekperimen/eksplorasi
·
Mendiskusikan konsep momentum,
impuls, hubungan antara
impuls dan momentum serta hukum kekekalan momentum dalam berbagai penyelesaian masalah
·
Merancang dan membuat roket sederhana dengan menerapkan hukum kekekalan momentum secara berkelompok
Mengomunikasikan
Presentasi laporan membuat roket sederhana.
|
Tugas
Menyelesaikan masalah tentang momentum, impuls dan
hubungan antara impuls dan momentum serta tentang hukum kekekalan momentum
Tes
Tertulis tentang impuls, momentum dan hukum kekekalan momentum
dalam berbagai pemecahan masalah
Observasi
Checklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok
Portopolio
Hasil karya dan
Laporan
eksperimen membuat roket sederhana
|
16 JP
(4 x 4 JP)
|
Sumber
·
FISIKA SMA Jilid2, Pusat Perbukuan
·
Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
·
e-dukasi.net
Alat
·
botol
plastik
·
pompa
dan pentil sepeda
·
pipa
dan lem PVC
|
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan
dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena alam fisis dan
pengukurannya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan
berdiskusi
3.6 Menerapkan konsep torsi, momen inersia,
titik berat, dan momentum sudut pada benda tegar (statis dan dinamis) dalam
kehidupan sehari-hari
4.6 Merencanakan
dan melaksanakan percobaan titik berat dan keseimbangan benda tegar
|
Keseimbangan dan dinamika Rotasi
·
Torsi
·
Momen
inersia
·
Keseimbangan
benda tegar
·
Titik
berat
·
Hukum
kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi
|
Mengamati
·
Mengamati demonstrasi dengan mendorong benda dengan posisi gaya yang berbeda beda untuk mendefinisikan momen
gaya.
Mempertanyakan
·
Mempertanyakan konsep torsi, momen inersia, titik
berat, dan momentum sudut pada benda tegar (statis dan dinamis) dalam
kehidupan sehari-hari
Eksperimen/
Eksplorasi
· Mendiskusikan rumusan dan penerapan keseimbangan benda titik dan benda tegar dengan menggunakan resultan gaya dan momen gaya
· Mendiskusikan rumusan dan penerapan konsep momen inersia dan dinamika rotasi dalam diskusi pemecahan masalah
· Mendiskusikan rumusan dan penerapan hukum
kekekalan momentum pada gerak rotasi
· Melakukan percobaan titik berat benda homogen dan keseimbangan benda tegar secara berkelompok
Mengasosiasi
Mengolah
data percobaan ke dalam grafik, menentukan persamaan grafik, dan menginterpretasi
data dan grafik untuk menenukan karakteristik keseimbangan benda tegar
Mengomunikasikan
Mempresentasikan hasil eksperimen
|
Tugas
Menyelesaikan masalah tentang momen gaya, momen inersia
, keseimbangan benda tegar dan titik berat benda
Observasi
Checklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok
Portopolio
Laporan praktikum
Tes
Tertulis uraian dan atau pilihan ganda tentang resultan torsi, momen inersia,
titik berat, dan hukum kekekalan momentum sudut
|
16 JP
(4 x 4 JP
|
Sumber
·
FISIKA SMA Jilid2, Pusat Perbukuan
·
Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
·
e-dukasi.net
Alat
·
statif
dan klem
·
beban
gantung
·
kertas
karton
·
busur
derajat
·
mistar
·
penggaris
berlubang
·
neraca
pegas
·
neraca
lengan
|
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan
dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena alam fisis dan
pengukurannya
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
3.7 Menerapkan prinsip fluida dinamik dalam
teknologi
4.7 Memodifikasi ide/gagasan proyek sederhana
yang menerapkan prinsip dinamika fluida
|
Fluida Dinamik
·
Fluida
ideal
·
Azas
kontinuitas
·
Azas
Bernouli
·
Penerapan
Azas Kontinuitas dan Bernouli dalam Kehidupan
|
Mengamati
·
Menyimak
informasi dari berbagai sumber tentang
azas kontinuitas dan azas Bernouli serta aplikasi dalam kehidupan melalui
berbagai sumber.
Mempertanyakan
·
Mempertanyakan
penerapan prinsip fluida dinamik dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari
Mengeksplorasi/Eksperimen
·
Mendiskusikan
kaitan antara kecepatan aliran dengan luas penampang menurut azas
Kontinuitas, serta hubungan antara kecepatan aliran dengan tekanan fluida
menurut Azas Bernoulli
·
Merancang
dan membuat tiruan aplikasi Azas Bernoulli (alat venturi, kebocoran air, atau
sayap pesawat) secara brkelompok
·
Eksplorasi
pemecahan masalah terkait penerapan azas kontinuitas dan azas Bernouli
Mengomunikasikan
·
Membuat
laporan dan mempresentasikan hasil produk tiruan aplikasi Azas Bernoulli
(alat venturi, kebocoran air, atau sayap pesawat)
|
Tugas
Menyelesaikan
masalah fluida dengan menerapkan azas kontinuitas dan azas Bernouli
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
Bahan
presentasi kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk uraian dan/atau pilihan ganda asas kontinuitas dan asas Bernoulli
|
12 JP
(3 x 4 JP)
|
· Tri Widodo, FISIKA SMA, Pusat Perbukuan Depdiknas
· Nursyamsudin, Panduan Praktikum Terpilih, Erlangga
|
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan
dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena alam fisis dan
pengukurannya
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
3.8 Memahami teori kinetik gas dalam menjelaskan
karakteristik gas pada ruang tertutup
|
Persamaan
keadaan gas
·
Hukum Boyle-Gay Lussac
·
Persamaan
keadaan gas
2.
Teori
kinetik gas
·
Tinjauan
impuls-tumbukan untuk teori kinetik
gas
·
Teori
ekipartisi energi dan energi dalam
|
Mengamati
·
Menyimak
informasi dari berbagai sumber tentang karakteristik gas dan gas ideal
melalui berbagai sumber
·
Menyimak
informasi daei berbagai sumber tentang hukum Boyle-gay Lusac tentang gas dan
persamaan keadaan gas melalui berbagai sumber
Mempertantakan
·
Mempertanyakan
konsep teori kinetik gas dalam menjelaskan karakteristik gas pada ruang
tertutup
Mengeksplorasi/Eksperimen
· Mendiskusikan hubungan antar suhu, volume , dan tekanan gas dalam ruang
tertutup.
· Mendiskusikan hubungan antara impuls dengan
gaya dan tekanan
· Mendiskusikan gerakan partikel gas menumbuk
dinding menyebabkan tekanan gas
· Mendiskusikan kelompok hubungan antara suhu
dengan energi kinetik dan tekanan gas
· Mendiskusikan bentuk persamaan keadaan gas kaitannya
dengan rumusan Boyle-Gay Lusac
· Mendiskusikan hubungan antar suhu, volume , dan tekanan gas dalam ruang
tertutup.
· Mendiskusikan bentuk persamaan keadaan gas kaitannya
dengan rumusan Boyle-Gay Lusac
· Eksplorasi penerapan persmaan keadaan gas dan hukum Boyle dalam
pemecahan masalah gas dalam ruang tertutup
Mengasosiasi
Membuat
ilustrasi hubungan tekanan, suhu dan volume, serta ilustrasi penjelasan teori
ekipartisi energi pada suhu rendah,sedang, dan tinggi
Mengomunikasikan
Presentasi kelompok hasil ekplorasi
menerapkan persmaan keadaan gas dan hukum Boyle dalam pemecahan masalah gas
dalam ruang tertutup
|
Tugas
Menerapkan
teori kinetik gas dalam pemecahan masalah
Observasi
Ceklis
pengamatan pada saat diskusi kelas dan presentasi
Portfolio
Bahan
presentasi kelompok
Tes
Tes tertu;is
uraian dan/atau pilihan ganda tentang persamaan keadaan dan teori kinetik gas
|
16 JP
(4 x 4 JP)
|
· Tri Widodo, FISIKA SMA, Pusat Perbukuan Depdiknas
· Nursyamsudin, Panduan Praktikum Terpilih, Erlangga
|
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan
dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena alam fisis dan
pengukurannya
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
3.9 Menganalisis gejala pemanasan global, efek
rumah kaca, dan perubahan iklim serta dampaknya bagi kehidupan dan lingkungan
4.8
Menyajikan ide/gagasan pemecahan masalah gejala pemanasan global dan dampaknya
bagi kehidupan dan lingkungan
|
Gejala
pemanasan global
·
Efek
rumah kaca
·
Emisi
karbon dan perubahan iklim
Dampak
pemanasan global, antara lain
·
Mencairnya
es
·
perubahan
iklim
Alternatif
solusi energi
·
efisiensi
penggunaan energi
·
pencarian
sumber-sumber energi alternatif seperti energi nuklir
·
dll
Hasil
kesepakatan dunia internasional
·
Intergovernmental
Panel on Climate Change (IPCC)
·
Kyoto
Protocol
·
Asia-Pacific
Partnership on Clean Development and Climate (APPCDC)
·
dll
|
Mangamati
·
Mengamati
dampak pemanasan global yang didukung oleh informasi dari berbagai sumber
·
Mengamati
aktifitas manusia yang mengakibatkan berbagai dampak yaitu pada pemanasan
global, efek rumah kaca, dan perubahan iklim
Mempertanyakan
·
Menanyakan
apa penyebab dan dampak pemanasan global, efek rumah kaca, dan perubahan
iklim bagi kehidupan
·
Menanyakan
bentuk solusi dan usaha apa yang harus dilakukan untuk mencegah dampak lebih
buruk dari pemanasan global
Mengeksplorasi
·
Mengeksplorasi
fenomena pemanasan global, efek rumah kaca, dan perubahan iklim serta dampak
yang diakibatkan bagi manusia
·
Mendiskusikan
hasil-hasil kesepakatan global IPCC,
Protokol Kyoto, APPCDC, dan lain-lain melalui berbagai sumber secara
berkelompok
·
Mendiskusikan
pemecahan masalah untuk mengurangi dampak efek rumah kaca, emisi karbon, dan
lain-lain
Mengasosiasi
·
Merencanakan
berbagai usulan pemecahan masalah pemanasan
global berdasarkan klasifikasi dan penyebabnya secara berkelompok
Mengomunikasikan
Membuat laporan
dan presentasi hasil kerja kelompok
|
Tugas
Membuat tulisan
tentang penyebab dan dampak pemanasan global, efek rumah kaca, dan perubahan
iklim bagi kehidupan
Tes tertulis
Tentang
pemanasan global, efek rumah kaca, dan perubahan iklim
|
4 JP
(1 x 4 JP)
|
Sumber
·
Fisika SMA Jilid 2, Puskurbuk
·
Sumber
dari internet
|
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan
dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena alam fisis dan
pengukurannya
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
3.10 Menyelidiki
karakteristik gelombang mekanik melalui percobaan
4.9
Menyelidiki
karakteristik gelombang mekanik melalui percobaan
|
Karakteristik
gelombang
·
Pemantulan
·
Pembiasan
·
Difraksi
·
Interferensi
|
Mengamati
·
Mencari
informasi dari berbagai sumber karateristik gelombang (pemantulan,
pembiasaan, difraksi, interferensi, dan polarisasi) melalui berbagai sumber
·
Mengamati
peragaan gejala gelombang (pemantulan, pembiasan, difraksi dan interferensi) dengan
menggunakan tanki riak
Mepertanyakan
·
Mempertanyakan
karakteristik gelombang mekanik
Mengeksplorasi/Eksperimen
·
Diskusi
kelompok gelombang transversal-longitudinal dan contohnya
·
Mendiskusikan
hukum pemantulan, pembiasan, difraksi, dan interferensi
·
Mengeksplorasi
penerapan gejala pemantulan,pembiasan, difraksi dan interferensi dalam
kehidupan sehar-hari dan teknologi
·
Melakukan
eksperimen pemantulan, pembiasan, difraksi, dan interferensi gelombang
Mengomunikasikan
Membuat laporan dan presentasi kelompok
hasil eksperimen
|
Tugas
Membuat
paper karakteristik gelombang (pemantulan, pembiasaan, difraksi,
interferensi, dan polarisasi)
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
Laporan
trtulis karakteristik gelombang
Tes
Tes
tertulis tentang sifat pemantulan, pembiasan, interferensi dan difraksi
gelombang
|
8
JP
(2
x 4 JP)
|
· Tri Widodo, FISIKA SMA, Pusat Perbukuan Depdiknas
· Nursyamsudin, Panduan Praktikum Terpilih, Erlangga
|
1.1 Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan
fenomena alam fisis dan pengukurannya
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
3.11 Menganalisis besaran-besaran fisis gelombang tegak
dan gelombang berjalan pada berbagai kasus nyata
4.10Menyelidiki
karakteristik gelombang mekanik melalui percobaan
|
Persamaan gelombang berjalan dan gelombang
tegak
|
Mengamati
·
Mengamati demonstrasi gelombang berjalan menggunakan
slinki
·
Mendemonstrasikan
gelombang tegak pada percobaan Melde
Menanyakan
·
Menanyakan
besaran-besaran fisis gelombang tegak dan gelombang berjalan
·
Menanyakan
karakteristik
gelombang mekanik
Mengeksplorasi/Eksperimen
·
Mendiskusikan
pengukuran panjang gelombang pada gelombang berjalan dan gelombang tegak
·
Mendiskusikan
persamaan gelombang berjalan dan
gelombang tegak
·
Melakukan
eksperimen percobaan Melde untuk menemukan
hubungan cepat rambat gelombang dan tegangan tali secara berkelompok
Mengasosiasi
Mengolah data
hasil praktikum percobaan Melde untuk menemukan hubungan cepat rambat
gelombang dan tegangan tali
Mengomunikasikan
Membuat laporan
tertulis hasil praktikum
|
Tugas
Menerapkan
persamaan gelombang berjalan dan gelombang tegak dalam pemecahan masalah
Observasi
Ceklis
pengamatan pada saat eksperimen berkelompok
Portfolio
Laporan
tertulis hasil praktik
Tes
Tes tertulis
dalam pemecahan masalah sehubungan dengan gelombang tegak dan gelombang
berjalan;
|
8 JP
(2 x 4 JP)
|
· Tri Widodo, FISIKA SMA, Pusat Perbukuan Depdiknas
· Nursyamsudin, Panduan Praktikum Terpilih, Erlangga
Alat
· Vibrator
· Katrol
· Beban gantung
|
Komentar
Posting Komentar