SILABUS FISIKA SMA KELAS X
SILABUS MATA PELAJARAN:
FISIKA
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas
/Semester : X
Kompetensi
Inti:
KI 1: Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
KI 4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1.1 Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan
fenomena alam fisis dan pengukurannya
|
Pengukuran
· Ketelitian
(akurasi) dan ketepatan (presisi)
· Kesalahan
pengukuran
· Penggunaan
angka penting
|
Mengamati
·
Membuat daftar (tabel) nama
besaran, alat ukur, cara mengukur, dan satuan yang digunakan secara individu,
termasuk yang berlaku di daerah setempat (misalnya:
untuk ukuran massa: mayam di Sumatera Utara, untuk ukuran panjang: tumbak di
Jawa
Barat).
·
Mengamati beberapa alat ukur
panjang, massa dan waktu yang ada di sekitar(mistar milimeter, jangka
sorong, mikrometer, neraca lengan, neraca pegas, dan stopwatch) dan menemukan
cara bagaimana alat tersebut
bekerja/digunakan
Mempertanyakan
·
Mempertanyakan tentang cara
menggunakan alat ukur, cara mebaca skala,
dan cara menuliskan hasil pengukuran
·
Mempertanyakan aspek
ketelitian, ketepatan, dan keselamatan kerja, serta alat ang digunakan dalam
mengukur
Eksperimen/explore
·
Mengukur masa jenis kelereng
(pengukuran
dilakukan satu kali) dan batu kerikil (dilakukan berulang dengan ukuran beda
dan jenis yang sama) secara berkelompok
dengan menggunakan neraca, jangka sorong atau mikrometer, dan gelas ukur
Asosiasi
·
Mengolah data hasil pengukuran
berulang (diberikan oleh guru) dalam bentuk penyajian data, membuat grafik,
menginterpretasi data dan grafik, dan menghitung kesalahan, serta
menyimpulkan hasil interpretasi data
Komunikasi
·
Membuat laporan tertulis
|
Tugas
Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan
dengan pengukuran
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian tentang penggunaan
angka penting dan kesalahan pengukuran dan/atau pilihan ganda tentang membaca
alat ukur
|
9 JP
(3 x 3 JP)
|
Sumber:
· PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C.
Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall
· FISIKA SMA Jilid 1,
Pusat Perbukuan
· Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
· e-dukasi.net
Alat:
· Neraca
· jangka
sorong
· mikrometer
· gelas
ukur,
· stopwatch
|
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
||||||
3.1
Memahami hakikat fisika dan prinsip-prinsip
pengukuran (ketepatan, ketelitian, dan aturan angka penting)
|
||||||
4.1
Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan
dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah
|
||||||
1.1 Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan
fenomena alam fisis dan pengukurannya
|
Penjumlahan Vektor
|
Mengamati
·
Menggambar vektor, resultan vektor, komponen vektor serta
menghitung besar dan arah resultan vektor dalam sebuah pengamatan bersama
Mempertanyakan
·
Mempertanyakan cara menghitung
besar dan arah dua buah vektor
Eksperimen/explore
·
Melakukan percobaan untuk menentukan resultan dua vektor sebidang
Asosiasi
·
Menerapkan operasi vektor dalam pemecahan masalah secara individu
Komunikasi
·
Mempresentasikan contoh penerapan vektor dalam
kehidupan sehari-hari
|
Tugas
Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan
dengan vektor
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan
ganda tentang resultan dua dan/atau tiga vektor
|
9 JP
(3 X 3 JP)
|
Sumber:
· PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C.
Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall
· FISIKA SMA Jilid 1,
Pusat Perbukuan
· Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
· e-dukasi.net
Alat
· neraca
pegas
· busur
derajat
· papan
triplek yang dilengkapi kertas berpetak
|
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
||||||
3.2
Menerapkan prinsip penjumlahan
vektor (dengan pendekatan geometri)
|
||||||
4.1
Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan
dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah
4.2
Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menentukan resultan vektor
|
||||||
1.1 Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan
fenomena alam fisis dan pengukurannya
|
Gerak Lurus dengan Kecepatan dan Percepatan Konstan
|
Mengamati
·
Mengamati demonstrasi gerak untuk membedakan gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus
dengan percepatan konstan
Menanya
·
Menanyakan perbedaan gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus
dengan percepatan konstan
Eksperimen/explore
·
Melakukan percobaan gerak lurus dengan
kecepatan konstan dengan
menggunakan kereta atau mobil mainan.
·
Melakukan percobaan gerak lurus dengan percepatan
konstan dengan
menggunakan troly.
Komunikasi
·
Mempresentasikan hasil percobaan benda yang bergerak lurus dengan kecepatan
konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan dalam bentuk grafik
Asosiasi
·
Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak dengan kecepatan konstan.
·
Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak dengan percepatan konstan.
·
Menganalisis besaran-besaran dalam GLBB dan gerak jatuh bebas dalam
diskusi kelas
|
Tugas
Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan
dengan gerak lurus
dengan kecepatan dn percepatan konstan
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan
ganda gerak lurus dengan percepatan
konstan
|
12 jam
(4 x 3 JP)
|
Sumber:
· PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C.
Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall
· FISIKA SMA Jilid 1,
Pusat Perbukuan
· Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
· e-dukasi.net
Alat
· papan
luncur
· troly
· kereta
mainan tenaga batere
· tiker
timer
|
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
||||||
3.3
Menganalisis besaran-besaran
fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan
percepatan konstan
|
||||||
4.1 Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan
menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah
2.2 Menyajikan
data dan grafik hasil percobaan untuk menyelidiki sifat gerak benda yang
bergerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan
konstan
|
||||||
1.1 Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan
fenomena alam fisis dan pengukurannya
|
Hukum Newton dan Penerapannya
|
Mengamati
Mengamati peragaan:
·
benda diletakan di atas kertas
kemudian kertas ditarik perlahan dan dan tiba-tiba
·
benda ditarik atau didorong
untuk menghasilkan gerak
·
benda dilepas dan bergerak
jaruh bebas
·
benda ditarik tali melalui
katrol dengan beban berbeda
Mepertanyakan:
·
Mempertanyakan penyebab benda menjadi
bergerak
·
Menanyakan pengaruh masa benda
dan besar gaya terhadap percepatan
gerak
Eksperimen/Eksplorasi
·
Melakukan percobaan hukum Newton 1 dan 2 secara berkelompok
·
Melakukan percobaan gerak benda misalnya dalam bidang miring untuk
membedakan gesekan statik dan kinetik
Asosiasi
·
Menghitung percepatan benda dalam sistem yang terletak pada bidang
miring, bidang datar, dan sistem katrol dalam diskusi kelas.
Komunikasi
·
Menggambar gaya berat, gaya normal, dan gaya tegang tali dalam
diskusi pemecahan masalah dinamika gerak lurus tanpa gesekan
|
Tugas
Menerapkan hukum Newton dalam memecahkan masalah
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan tertulis
Tes
Tertulis Uraian
dan Pilihan Ganda
tentang hukum Newton 2
|
9
JP
(3 x 3 JP)
|
Sumber:
· PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C. Giancoli
– 6th ed. Pearson Prentice Hall
· FISIKA SMA Jilid 1,
Pusat Perbukuan
· Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
· e-dukasi.net
Alat:
· katrol
· beban
gantung
· troly
· tiker
timer
|
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
||||||
3.4 Menganalisis hubungan antara gaya, massa,
dan gerakan benda pada gerak lurus
|
||||||
4.1 Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan
menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah
2.2 Merencanakan
dan melaksanakan percobaan untuk menyelidiki hubungan gaya, massa, dan
percepatan dalam gerak lurus
|
||||||
1.1 Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan
fenomena alam fisis dan pengukurannya
|
Gerak Melingkar
dengan laju Konstan
|
Mengamati
·
Menemukan besaran frekuensi, periode, sudut tempuh, kecepatan linier,
kecepatan sudut, dan percepatan sentripetal pada gerak melingkar melalui
demonstrasi.
Menanya
·
Mengidentifikasi besaran frekuensi, frekuensi sudut, periode, dan sudut
tempuh yang terdapat pada gerak melingkar dengan laju konstan.
Eksperimen/Eksplorasi
·
Melakukan percobaan secara berkelompok untuk menyelidiki gerak yang
menggunakan hubungan roda-roda.
Asosiasi
·
Menganalisis gerak melingkar beraturan dalam pemecahan masalah melalui
diskusi kelas
·
Menganalisis besaran yang berhubungan antara gerak linier dan gerak
melingkar pada gerak menggelinding dengan laju konstan
Komunikasi
·
Mempresentasikan contoh gerak melingkar dalam
kehidupan dan aplikasinya
·
Mengkomunikasikan hasil
npercobaan dalam bentuk grafik dan laporan sederhana
|
Tugas
Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan
dengan gerak melingkar
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Bahan presentasi
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan
ganda besaran-besaran pada gerak melingkar dengan laju konstan
|
9
JP
(3 x 3 JP)
|
Sumber:
· PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C.
Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall
· FISIKA SMA Jilid 1,
Pusat Perbukuan
· Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
· e-dukasi.net
|
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
||||||
3.5 Menganalisis besaran fisis pada gerak
melingkar dengan laju konstan dan penerapannya dalam teknologi
|
||||||
4.5 Menyajikan
ide/gagasan terkait gerak melingkar (misalnya pada hubungan roda-roda)
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1.1 Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan
fenomena alam fisis dan pengukurannya
|
Elastisitas
dan Hukum Hooke
·
Hukum Hooke
·
Susunan pegas seri-paralel
|
Mengamati
·
Peragaan benda elastis dan benda plastis
·
Demonstrasi pengaruh gaya
terhadap perubahan panjang pegas/karet
Menanya
·
Tanya jawab sifat elastisias
benda
·
Diskusi stress, strain, dan
modulus elastisitas
·
Diskusi tentang hukum Hooke dan
susunan pegas
Eksperimen/Eksplorasi
·
Melakukan percobaan hukum Hooke
dengan menggunakan pegas/karet, mistar, beban gantung, dan statif secara
berkelompok
·
Eksplorasi untuk menemukan
karakteristik susunan pegas seri dan paralel
Mengasosiasi
·
Mengolah data percobaan ke
dalam grafik, menentukan persamaan grafik, dan membandingkan hasil percobaan
dengan bahan pegas/karet yang berbeda
·
Memformulasi konstanta pegas susunan seri dan paralel
Mengkomunikasikan
·
Diskusi kelompok membahas hasil
percobaan
·
Membuat laporan hasil percobaan
|
Tugas
Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan
dengan alastisitas dan hukum Hooke
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan
ganda hukum Hooke pada susunan pegas seri /paralel
|
12 JP
(4 x 3 JP)
|
Sumber:
· PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C.
Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall
· FISIKA SMA Jilid 1,
Pusat Perbukuan
· Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
· e-dukasi.net
Alat
· statif
· beban
gantung
· pegas/karet
· mistar
|
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
||||||
3.6
Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan
sehari hari
|
||||||
4.1 Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan
menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah
4.6 Mengolah dan menganalisis
hasil percobaan tentang sifat
elastisitas suatu bahan
|
||||||
1.1 Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan
fenomena alam fisis dan pengukurannya
|
Fluida statik
· Hukum
utama hidrostatis
· Hukum
Pascall
· Hukum
Archimedes
· Gejala
kapilaritas
· Viskositas
dan Hukum Stokes
|
Mengamati
· Peragaan:
- simulasi
kapal selam dalam botol minuman
- keadaan
air dalam sedotan minuman dalam berbagai keadaan
- Membaca
artikel tentang penggunaan sistem hidrolik dan sistem kerja kapal selam
Menanya
·
Mempertanyakan tentang hukum-hukum fluida statik dan penerapannya
Eksperimen/explore
·
Membuat alat peraga sistem hidrolik secara berkelompok
Asosiasi
·
Menerapkan konsep tekanan hidrostatis, prinsip hukum Archimedes dan hukum Pascall melalui
percobaan
Komunikasi
·
Mempresentasikan penerapan hukum-hukum fluida statik
·
Membuat laporan hasil percobaan
·
Memberikan contoh penerapan sifat-sifat
fluida statik dalam kehidupan sehari-hari
|
Tugas
Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan
dengan fluida statik
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan
ganda hukum Archimedes, hukum Pascal, kapilaritas dan hukum Stokes
|
12 JP
(4 x 3 JP)
|
Sumber
· PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C.
Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall
· FISIKA SMA Jilid 1,
Pusat Perbukuan
· Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
· e-dukasi.net
Alat
· tangki
air atau ember dan hidrometer
· bejana
berhubungan
· balon
karet dalam botol minuman (simulasi kapal selam)
|
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
||||||
3.7 Menerapkan
hukum-hukum pada fluida statik dalam kehidupan sehari-hari
|
||||||
4.1 Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan
menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah
4.7 Merencanakan
dan melaksanakan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida untuk
mempermudah suatu pekerjaan
|
||||||
1.1
Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan
dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya
|
Suhu, Kalor dan
Perpindahan Kalor
·
Suhu dan pemuaian
·
Hubungan kalor dengan suhu
benda dan wujudnya
·
Azas Black
·
Peripindahan kalor secara
konduksi, konveksi, dan radiasi
|
Mengamati
·
Menyimak peragaan tentang:
-
Simulasi pemuaian rel kereta
api
-
Pemanasan es menjadi air
-
Konduktivitas logam (almunium,
besi, tembaga, dan timah)
·
Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai pengaruh
kalor terhadap perubahan suhu benda, pengaruh
perubahan suhu benda terhadap ukuran benda (pemuaian),
dan perpindahan kalor secara konduksi, konveksi
dan radiasi
Mempertanyakan
·
Mempertanyakan tentang pengaruh
kalor terhadap suhu, wujud, dan ukuran benda
·
Mempertanyakan tentang azas
Black dan perpindahan kalor
Eksperimen/explorasi
·
Melakukan percobaan untuk menentukan kalor jenis
logam
Asosiasi
·
Mengolah data percobaan kalor
jenis logam dengan menggnakan kalorimeter dalam bentuk penyajian data,
membuat grafik, menginterpretasi dan dan grafik, dan menyusun kesimpulan.
Komunikasi
·
Membuat laporan hasil
eksperimen
·
Menhkomunikasikan hasil
percobaan dalam bentuk grafik
|
Tugas
Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan
dengan suhu dan
perpindahan kalor
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian tentang pemuaian, dan asas Black dan/atau
pilihan ganda tentang perpindahan kalor dengan cara konduksi dan konveksi
|
12 JP
(4
x 3 JP)
|
Sumber
· PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C.
Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall
· FISIKA SMA Jilid 1,
Pusat Perbukuan
· Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
· e-dukasi.net
Alat
· kalorimeter
· kubus
logam
· termometer
· stopwatch
· lilin
· batang
logam alumunium, besi, tembaga, dan timah
· pemanas
air
|
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif;
inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
||||||
3.7
Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor pada kehidupan
sehari-hari
|
||||||
4.1 Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan
menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah
4.8 Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk
menyelidiki karakteristik termal suatu bahan, terutama kapasitas dan konduktivitas kalor
|
||||||
1.1 Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan
fenomena alam fisis dan pengukurannya
.
|
Alat-alat optik
·
Mata dan kaca mata.
·
Kaca pembesar (lup).
·
Mikroskop
·
Teleskop
·
Kamera.
|
Mengamati
·
Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai
alat-alat optic dalam kehidupan sehari-hari
Mengeksplorasi
·
siswa mengeksplorasi dari sumber belajar
yang relevan tentang prinsip pembentukan -bayangan dan perbesaran pada
kacamata,lup, mikroskop, teropong dan kamera .
Mepertatanyakan:
·
Mempertanyakan
tentang prinsip pembentukan
bayangan dan perbesaran pada kaca mata, lup, mikroskop ,teleskop dan kamera
Eksplorasi
·
Melakukan
eksplorasi tentang pembentukan bayangan dan perbesaran pada kaca mata,
lup, mikroskop ,teleskop dan kamera
·
Melalui diskusi kelompok dapat
membedakan pengamatan tanpa akomodasi dengan berakomodasi maksimum pada alat
optik lup, mikroskop dan teleskop.
·
Merancang dan membuat teropong sederhana
secara berkelompok
Mengkomunikasikan
·
Presentasi kelompok tentang hasil merancang dan membuat teropong sederhana
|
Tugas
Membuat resume
hasil eksplorasi untuk bahan diskusi kelas.
Portofolio
Bahan
presentasi rancangan untuk membuat teropong sederhana
Observasi
Cecklist lembar
pengamatan kegiatan diskusi kelompok
Hasil karya
Teropong
sederhana
Tes
Uraian dan atau
pilihan ganda tentang prinsip pembentukan dan
perbesaran bayangan pada kaca mata, lup, mikroskop , teropong dan
kamera
|
12 JP
(4 x 3 JP)
|
Sumber
· PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C.
Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall
· FISIKA SMA Jilid 1,
Pusat Perbukuan
· Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
· e-dukasi.net
Alat
· teropong
bintang
· mikroskop
|
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
||||||
3.9 Menganalisis cara kerja alat optik menggunakan
sifat pencerminan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa
|
||||||
4.9
Menyajikan
ide/rancangan sebuah alat optik dengan menerapkan prinsip pemantulan dan
pembiasan pada cermin dan lensa
|
Komentar
Posting Komentar