Re-view Jurnal PTK dengan Model Pembelajaran Generatif
Assalamu’alaikum
Waromatullahi Wabarokatuh ukhtyfillah !!!
Ini
adalah re-view ke-lima yeaaaaaaay!!
Menurut
sudut pandang penulis mengenai Jurnal yang berkaitan dengan Penelitian Tindakan
Kelas atau yang biasa disebut dengan PTK.
Okayyy
Check
this out!
Judul
|
Penerapan
Model Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika
Siswa Kelas XI IPA1 SMA Negeri 9 Makassar
|
Jurnal
|
Jurnal
Pendidikan Fisika
|
Volume
dan Halaman
|
Vol
3 Nomor 1
|
ISSN
|
2302-8939
|
Tahun
|
-
|
Penulis
|
Anis
Nur
|
Reviewer
|
Monika
Tiara Darma
|
Tanggal
|
20
February 2019
|
Tujuan
Penelitian
|
Tujuan
penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa
dengan model pembelajaran generative
|
Subjek
penelitian
|
Subjek
penelitiannya adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 9 Makassar
tahun ajaran 2014/2015
|
Metode
penelitian
|
Metode
penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research) dengan model pembelajaran
generatif
|
Hasil
penelitian
|
Dengan
menggunkan pembelajaran generatif, peserta didik akan lebih aktif dalam
mengikuti proses pembelajaran dan akan memahami betul konsep dasar dari
materi yang diajarkan karena mereka yang menemukan sendiri pengetahuan
barunya yang kemudian dihubungkan dengan pengetahuan yang diberikan oleh guru
sehingga mereka akan lebih mudah menyelesaikan soal-soal yang memiliki
kesulitan yang tinggi
-
Siklus I
Pada siklus I dengan menggunakan model
pembelajaran Generatif dari 39 subjek penelitian nilai tertinggi yang didapat
dari hasil test evaluasi yaitu 84 dan nilai terendah yaitu 37 dengan
rata-rata 72,62
-
Siklus II
Pada siklus II terjadi peningkatan
dimana nilai tertingi setelah dilakukan pembelajaran generative yaitu 92 dan
nilai terendah yaitu 70 dengan rata-rata kelas adalah 84,13
Setelah
mengadakan perbaikan yang terdapat pada siklus I , hasil observasi dan
evaluasi menunjukkan terjadi peningkatan pada siklus II dan semua siswa sudah
tuntas. Aktivitas pada siklus II juga meningkat sehingga penelitian ini tidak
dilanjutkan
Dari
hasil observasi di atas menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam proses
pembelajaran mengalami peningkatan dan hal inilah yang kan berdampak pada
hasil belajarnya.
|
Kekuatan
penelitian
|
Kekuatan
pada penelitian ini yaitu sintaks-sintaks yang dilakukannya sangat tertulis
dengan rinci dan detail mulai dari sintaks pembelajaran hingga hasil
akhirnya.
|
Kesimpulan
|
Berdasarkan
data yang diperoleh baik data kuantitatif dan kualitatif, maka disimpulkan
bahwa penerapan model pembelajaran generatif dapat meningkatkan hasil belajar
fisika siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 9 Makassar tahun ajaran 2014/2015.
|
Komentar
Posting Komentar