Re-view Jurnal PTK dengan Model Pembelajaran Generatif


Assalamu’alaikum Waromatullahi Wabarokatuh ukhtyfillah !!!
Ini adalah re-view ke-lima yeaaaaaaay!!
Menurut sudut pandang penulis mengenai Jurnal yang berkaitan dengan Penelitian Tindakan Kelas atau yang biasa disebut dengan PTK.

Okayyy
Check this out!
Judul
Penerapan Model Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa  Kelas XI IPA1  SMA Negeri 9 Makassar
Jurnal
Jurnal Pendidikan Fisika
Volume dan Halaman
Vol 3 Nomor 1
ISSN
2302-8939
Tahun
 -
Penulis
Anis Nur
Reviewer
Monika Tiara Darma
Tanggal
20 February 2019
Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran generative
Subjek penelitian
Subjek penelitiannya adalah   siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 9 Makassar tahun ajaran 2014/2015
Metode penelitian
Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan  model pembelajaran generatif
Hasil penelitian
Dengan menggunkan pembelajaran generatif, peserta didik akan lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dan akan memahami betul konsep dasar dari materi yang diajarkan karena mereka yang menemukan sendiri pengetahuan barunya yang kemudian dihubungkan dengan pengetahuan yang diberikan oleh guru sehingga mereka akan lebih mudah menyelesaikan soal-soal yang memiliki kesulitan yang tinggi
-          Siklus I
Pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Generatif dari 39 subjek penelitian nilai tertinggi yang didapat dari hasil test evaluasi yaitu 84 dan nilai terendah yaitu 37 dengan rata-rata 72,62

-          Siklus II
Pada siklus II terjadi peningkatan dimana nilai tertingi setelah dilakukan pembelajaran generative yaitu 92 dan nilai terendah yaitu 70 dengan rata-rata kelas adalah 84,13
Setelah mengadakan perbaikan yang terdapat pada siklus I , hasil observasi dan evaluasi menunjukkan terjadi peningkatan pada siklus II dan semua siswa sudah tuntas. Aktivitas pada siklus II juga meningkat sehingga penelitian ini tidak dilanjutkan
Dari hasil observasi di atas menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan dan hal inilah yang kan berdampak pada hasil belajarnya.
Kekuatan penelitian
Kekuatan pada penelitian ini yaitu sintaks-sintaks yang dilakukannya sangat tertulis dengan rinci dan detail mulai dari sintaks pembelajaran hingga hasil akhirnya.
Kesimpulan
Berdasarkan data yang diperoleh baik data kuantitatif dan kualitatif, maka disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran generatif dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 9 Makassar tahun ajaran 2014/2015.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Standar Oprasional Prosedur Laboratorium SMA

Cara Merawat dan Membersihkan Alat Laboratorium