SILABUS FISIKA KELAS XII

SILABUS MATA PELAJARAN: FISIKA


Satuan Pendidikan         : SMA
Kelas/ Semestar            : XII
Kompetensi Inti
KI 1   Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan




Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1  Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan fenomena alam  fisis  dan pengukurannya
1. Gelombang Bunyi
·   Karakteristik gelombang bunyi
·   Cepat rambat gelombang bunyi
·   Azas Dopler
·   Fenomena dawai dan pipa organa
·   Intensitas dan taraf intensitas



















2.Gelombang Cahaya
·   Spektrum cahaya
·   Difraksi dan interferensi
·   Polarisasi
·   Teknologi LCD dan LED

Mengamati
·      Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi  tentang bunyi dan permasalahannya dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai sumber
·    Mencari informasi tentang karakteristik cahaya serta prinsip dan penerapannya dalam teknologi melalui berbagai sumber
·    Mengamati peragaan fenomena difraksi dan interferensi kisi menggunakan laser pointer dan CD bekas

Mempertanyakan
·      Mempertanyakan tentang prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi
·    Mempertanyakan berbagai fenomena difraksi, interferensi, dan polarisasi cahaya

Mengeksplorasi/Eksperimen
·      Mendiskusikan tentang cepat rambat bunyi, azas Dopler dan intensitas bunyi
·   Mengidentifikasi variabel bebas, terikat, dan kontrol untuk menyelidiki fenomena dawai dan pipa organa.
·   Menentukan alat dan bahan yang diperlukan untuk percobaan.
·   Melaksanakan percobaan untuk menyelidiki fenomena dawai dan pipa organa secara berkelompok.
·    Diskusi kelas difraksi dan interfrensi pada celah ganda, kisi, dan celah tunggal
·    Mengidentifikasi variabel bebas, terikat, dan kontrol untuk menyelidiki pola difraksi dan interferensi menggunakan kisi dan laser pointer.
·    Menentukan alat dan bahan untuk percobaan.
·    Melaksanakan percobaan untuk penyelidiki pola difraksi dan interferensi menggunakan kisi dan laser pointer
·    Eksplorasi pemanfaatan konsep dan prinsip cahaya pada teknologi layar LCD dan LED

Mengasosiasi
·         Menelaah data kecepatan bunyi dalam berbagai media untuk mendapatkan faktor yang mempengaruhi cepat rambat bunyi
·         Mengolah data praktik kedalam grafik, menyusun persamaan grafik, dan menemukan pengaruh perubahan jarak layar dan konstanta kisi terhadap jarak garis terang pada layar serta menentukan panjang gelombang cahaya laser pointer 

Mengomunikasikan
·    Presentasi hasil diskusi tentang cepat rambat bunyi, azas Dopler dan intensitas bunyi
·    Presentasi hasil eksplorasi tentang fenomenda dawai dan pipa organa
·    Penyusunan laporan hasil kegiatan

Tugas
Kajian pustaka tentang  gelombang bunyi
Tes Tertulis Menerapkan konsep gelombang bunyi dan cahaya  dalam pemecahan masalah

Observasi
Ceklis pengamatan pada saat presentasi dan praktik berkelompok


Portfolio
Laporan tertulis kelompok hasil praktik dan presentasi

Tes
Tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda gelombang bunyi dan cahaya


16 JP
(4 x 4 JP)






























·  Tri Widodo, FISIKA SMA, Pusat Perbukuan Depdiknas
·  Nursyamsudin, Panduan Praktikum Terpilih, Erlangga
Alat
·  Laser pointr
·  Kisi atau Keping CD yang terpakai
·  penggaris













2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
3.1 Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi
4.1 Merencanakan dan melaksanakan percobaan interferensi cahaya.
1.1    Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya
Rangkaian arus searah
·      Hukum Ohm
·      Hukum Kirchoff






Mengamati
·    Mencari informasi karakteristik arus dan tegangan pada rangkaian seri dan paralel
·    Mengamati peragaan menggunakan amperemeter dan voltmeter dalam rangkaian listrik
Mempertanyakan
·    Mempertanyakan penggunaan hukum Ohm dan Kirchoff dalam rangkaian listrik
Eksperimen / Mengeksplorasi
·    Diskusi kelompok susunan seri dan paralel resistor
·    Diskusi kelas penerapan hukum ohm dan Kirchoff pada rangkaian arus bercabang
·   Mengukur arus dan tegangan pada rangkaian tertutup
·   Mengeksplorasi prinsip kerja peralatan listrik searah (DC) dalam kehidupan sehari-hari.

Mengasosiasi
·         Mengolah data hasil praktik, membuat grafik, menuliskan persamaan grafik dan gradiennya, dan memprediksi nilai output untuk nilai input tertentu
Mengomunikasikan
·   Membuat laporan tertulis hasil praktik, membuat grafik, menuliskan persamaan grafik dan gradiennya, dan mmprediksi nilai output untuk nilai input tertentu
·   Menyajikan hasil evaluasi dari prinsip kerja peralatan listrik searah (DC).
Tugas
Menerapkan hukum Ohm dan hukum Kirchoff dalam pemecahan masalah listrik
Observasi/ Kinerja
Ceklis pengamatan pada saat praktik
Portfolio
Laporan tertulis kelompok
Tes
Tes tertu;is tentang hukum Ohm dan hukum Kirchoff


8 JP
(2 x 4 JP)









·  Tri Widodo, FISIKA SMA, Pusat Perbukuan Depdiknas
·  Nursyamsudin, Panduan Praktikum Terpilih, Erlangga
Alat
·  Voltmeter
·  Amperemeter
·  Catu daya
·  Resisitor













2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
3.2 Mengevaluasi prinsip kerja peralatan listrik searah (DC) dalam kehidupan sehari-hari
4.2 Melakukan percobaan untuk menyelidiki karakteristik rangkaian listrik

1.1   Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya
Listrik Statis (Elektrostatika)
·     Muatan Listrik
·     Gaya Listrik
·     Kuat Medan Listrik
·     Potensial Listrik
·     Energi Potensial
·     Kapasitor








Mengamati
·    Melakukan studi dari berbagai sumber untuk mencari informasi  tentang berbagai fenomena kelistrikan secara hardcopy dan softcopy  dalam kehidupan sehari-hari
·    Mengamati peragaan fenomena kelistrikan di kehidupan sehari-hari menggunakan alat dan bahan sederhana
·   Melakukan pengamatan terhadap proses pengisisan dan pelepasan muatan pada kapasitor.
·   Mendiskusikan pemanfaatan kapasitor dalam kehidupan sehari-hari.

Menanya
·    Mendiskusikan  tentang fenomena kelistrikan, muatan listrik, fluks listrik dan interaksi antar muatan listrik
·    Mendiskusikan  tentang Gaya Listrik, Medan Listrik, Potensial Listrik, Energi Potensial Listrik, dan Kapasitor
Mengomunikasikan
Presentasi hasil eksperimen secara audio visual dan atau powepoin.
Tugas
Menyelesaikan soal-soal tentang Listrik Statis dan Kapasitor
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
Laporan tertulis rancangan dan kegiatan percobaan secara softcopy, hardcopy, powerpoin dan audiovisual
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
16 JP
(4 x 4 JP)







·         Fisika SMA Jilid III,
·         Fisika, Young and Freeman, Jilid II
·         Praktikum Fisika, Depdiknas
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi

3.5 Menganalis gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi  potensial listrik serta penerapannya pada berbagai kasus
4.5 Mengamati proses pengisian dan pelepasan muatan pada kapasitor dalam kehidupan sehari-hari.


1.1   Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya
Medan Magetik
·     Fluks Magnit
·     Induksi Magnit
·     Gaya Magnetik









Mengamati
·    Mengumpulkan informasi tentang bergagai fenomena kemagnitan secara hardcopy dan softcopy melalui pengamatan di kehidupan sehari-hari dan atau studi literatur pada berbagai sumber
·    Peragaan fenomena kemagnetan di kehidupan sehari-hari menggunakan alat dan bahan sederhana
Mempertanyakan
·    Diskusi kelompok tentang fenomena kemagnitan dan fluks magnit,
·    Diskusi kelas tentang induksi magnit dan gaya magnit dan peranannya pada berbagai produk teknologi
Eksperimen / Mengeksplorasi
·         Praktik menyelidik induksi magnit di sekitar kawat berarus listrik atau
·         Praktik menyelidiki gaya magnetik oleh kawat berarus listrik
·         Membuat motor listrik sederhana
Mengasosiasi
·         Mengolah data hasil percobaan secara lengkap
Mengomunikasikan
·         Menyusun laporan hasil percobaan
·         Presentasi hasil eksperimen secara audio visual dan atau powepoin.

Tugas
·   Menulis laporan ilmiah sebagai hasil studi literatur dari berbagai sumber tentang pemanfaatan gaya magnetik pada berbagai produk teknoligi
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
Laporan tertulis rancangan dan kegiatan percobaan secara softcopy, hardcopy, powerpoin dan audiovisual
Tes
·   Tes tertulis Menyelesaikan soal-soal tentang Induksi Magnetik dan Gaya Magnetik

12 JP
(3 x 4 JP)

Fisika SMA Jilid III,
Fisika, Young and Freeman, Jilid II
Praktikum Fisika, Depdiknas
Alat
·   Magnet batang
·   Kertas logam
·   Kabel penghubung
·   Kompas atau magnet jarum




2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi

3.6 Menganalisis induksi magnet dan gaya magnetik pada berbagai produk teknologi


4.6 Melaksanakan pengamatan induksi magnet dan gaya magnetik di sekitar kawat berarus listrik











Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1   Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya
Induksi Faraday
·     GGL Induksi
·     Hukum Lenz
·     Induksi Diri
·     Aplikasi Induksi Faraday pada produk teknologi












Mengamati
·    Mencari informasi tentang berbagai produk teknologi yang menggunakan induksi Faraday dari berbagai sumber
Mempertanyakan
·         Mempertanyakan tentang fenomena induksi elektromagnetik 
Eksperimen/ Mengeksplorasi
·    Melakukan percobaab tentang induksi elektromagnetik
·    Mendiskusikan  tentang GGL Induksi Hukum Lenz,
·    Mendiskusikan  pemanfaatan induksi Faraday pada produk teknologi
·      Merancang dan Membuat alat sederhana yang menggunakan prinsip induksi Faraday

As
Mengomunikasikan
·         Mempresentasi hasil eksperimen.
Tugas
·   Menulis laporan ilmiah sebagai hasil studi literatur dari berbagai sumber tentang pemanfaatan induksi Faraday pada berbagai produk teknologi
·   Menyelesaikan soal-soal tentang Induksi Faraday dan Arus Bolak balik
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
Laporan tertulis rancangan dan kegiatan percobaan secara softcopy, hardcopy, powerpoin dan audiovisual
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
16 JP
(4 x 4 JP)









·         Fisika SMA Jilid III,
·         Fisika, Young and Freeman, Jilid II
·         Praktikum Fisika, Depdiknas
Alat
·         Magnet
·         Galvanometer
·         Lilitan kawat


2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi

3.7 Memahami fenomena induksi elektromagnetik  berdasarkan percobaan
4.7 Membuat proyek sederhana dengan menggunakan prinsip induksi elektromagnetik
1.1   Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya
Rangkaian Arus Bolak-Balik
·     Arus dan tegangan Bolak-Balik
·     Rangkaian Arus Bolak-Balik
·     Daya pada Rangkaian Arus Bolak-Balik









Mengamati
·    Menggali informasi tentang karakteristiik arus, tegangan dan sumber arus bolak
Menanya
·    Diskusi kelas tentang arus dan tengan bolak-balik
·    Diskusi kelas tentang Rangkaian Arus Bolak-balik
·    Diskusi kelas tentang Daya pada Rangkaian Arus Bolak-balik
Mengeksplorasi/Eksperimen
Mengeksplorasi rangkaian resonansi dan pemanfatannya untuk tuning frekuensi pada radio.
Mengkomunikasikan
Presentasi hasil eksplorasi secara audio visual dan atau powepoin.
Tugas
Menyelesaikan soal-soal rangkaian arus bolak-balik
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
Laporan presentasi resonansi  secara softcopy, hardcopy, powerpoinl
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
12 JP











Fisika SMA Jilid III,
Fisika, Young and Freeman, Jilid II
Praktikum Fisika, Depdiknas






2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi

3.8 Menganalisis rangkaian arus bolak-balik (AC) serta penerapannya
4.8      Memecahkan masalah terkait  rangkaian arus bolak-balik (AC) dalam kehidupan sehari-hari.
1.1   Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya
Radiasi Elektromagnetik
·  Spektrum elektromagnetik
·  Sumber Radiasi Elektromegnetik
·  Pemanfaatan Radiasi Elektromagnetik
·  Bahaya Radiasi elekromagnetik












Mengamati
·    Menggali informasi tentang spektrum radiasi elektromagnetik dan pemanfaatannya dalam kehidupan mahluk hidup
Menanya
·    Diskusi kelas tentang spektrum elektromagnetik
·    Diskusi kelas tentang sumber, manfaatn dan bahaya radiasi elektromagnetik bagi mahluk hidup
Mengeksplorasi/Eksperimen
Mengeksplorasi radiasi elektromagnetik dalam berbagai bidang kehidupan mahluk hidup
Mengkomunikasikan
Presentasi hasil eksplorasi secara audio visual dan atau powepoin.
Tugas
·   Menulis laporan ilmiah sebagai hasil studi literatur dari berbagai sumber tentang pemanfaatan dan bahayanya radiasi elektromagnetik
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
Laporan tertulis hasil eksplorasi secara softcopy, hardcopy dan powerpoin.
Tes
Tes tertulis tentang

4 JP
(1 x 4 JP)




















Fisika SMA Jilid III,
Fisika, Young and Freeman, Jilid II
Praktikum Fisika, Depdiknas














2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi

3.9      Mengevaluasi pemikiran dirinya tentang radiasi elektromagnetik, pemanfaatannya dalam teknologi, dan dampaknya pada kehidupan
4.9 Menyajikan hasil analisis tentang radiasi elektromagnetik, pemanfaatannya dalam teknologi, dan dampaknya pada kehidupan
1.1   Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya
Konsep dan Fenomena kuantum:
·   Konsep foton
·   Efek fotolistrik
·   Sinar-X







Mengamati
·    Menggali informasi tentang konsep foton, fenomena efek fotolistrik, dan sinar-X
·    Menggali informasi tentang aplikasi efek fotolistrik dalam kehidupan manusia (mis: sensor cahaya, sel surya, mesin fotokopi, laser printer).
·    Menggali informasi tentang cara kerja mesin fotokopi.
·    Menggali informasi tentang aplikasi sinar-X dalam kehidupan manusia (mis: mesin foto Rontgen, mesin pengecekan bagasi bandara ).
·    Menggali informasi tentang cara kerja mesin foto Rontgen.

Menanya
·    Diskusi kelas tentang efek fotolistrik dan cara kerja mesin fotokopi.
·    Diskusi kelas tentang sinar-X dan cara kerja mesin foto Rontgen.

Mengeksplorasi/Eksperimen
Mengeksplorasi fenomena efek fotolistrik, sinar-X, dan aplikasinya dalam kehidupan manusia.

Mengkomunikasikan
Presentasi hasil eksplorasi secara audio visual dan atau powerpoin.
Tugas
·   Membuat esai tentang foton, efek fotolistrik, sinar-X, dan aplikasinya dalam kehidupan manusia.
·   Menyelesaikan soal-soal konsep dan fenomena kuantum

Observasi
Ceklist lembar penilaian esai

Portofolio
Laporan dan presentasi hasil explorasi secara softcopy, hardcopy, powerpoin

Tes
Tes tertulis bentuk uraian.
8 JP
(2 x 4 JP)



·         Fisika SMA Jilid III,
·         Fisika, Young and Freeman, Jilid II
·         Praktikum Fisika, Depdiknas
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi

3.10   Memahami fenomena efek fotolistrik dan sinar X dalam kehidupan sehari-hari

4.10  Menyajikan hasil analisis data  tentang penerapan efek fotolistrik dan sinar X dalam kehidupan sehari-hari


1.1   Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya
Teknologi digital
·      Transmisi data
·      Penyimpanan data






Mengamati
·    Mengali informasi dari berbagai sumber tentang teknologi digital dan aplikasinya dalam kehidupan manusia.
·    Menggali informasi dari berbagai sumber tentang transmisi data.
·     Menggali informasi tentang penyimpanan data.
·    Menggali informasi tentang prinsip kerja phone-cell

Mempertanyakan
·    Mempertanyakan tentang. berbagai manfaat  teknologi digital saat ini

Mengeksplorasi
·         Mendiskusikan  tentang teknologi digital dan aplikasinya dalam kehidupan manusia.
·         Mendiskusikan tentang transmisi dan penyimpanan data secara digital.
·         Mendiskusikan tentang prinsip kerja phone-cell
·         Mendiskusikan berbagai manfaat  teknologi digital misalnya untuk untuk transmisi dan penyimpanan data.

Mengkomunikasikan
·         Membuat laporan dan presentasi tentang manfaat teknologi digital
Tugas
·  Membuat esai tentang teknologi digital,  transmisi, dan penyimpanan data.
·  Menyelesaikan soal-soal terkait terkait teknologi digital, transmisi, dan penyimpanan data.

Observasi
Ceklis pengamatan pada saat presentasi

Portfolio
Laporan tertulis kelompok

Tes
Tes tertulis uraian


8 JP
(2 x 4 JP)






















Giancoli













2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi

3.11   Memahami transmisi dan penyimpanan data dalam bentuk digital dan penerapannya dalam teknologi informasi dan komunikasi
4.11   Menyajikan hasil penelusuran informasi tentang transmisi dan penyimpanan data dalam bentuk digital dan penerapannya dalam teknologi informasi dan komunikasi
1.1   Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya
Inti Atom
·     Struktur Inti
·     Reaksi Inti
·     Radioaktivitas
·     Iptek nuklir





Mengamati
·    Mencari informasi dari berbagai sumber tentang aplikasi radioaktivitas dalam berbagai bidang
·    Mencari informasi dari berbagai sumber tentang  aplikasi iptek nuklir yang bermanfaat bagi kehidupan

·     Mencari informasi penyebab  iptek nuklir  berbahaya dalam kehidupan misalnya  peristiwa bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, kebocoran Reaktor Nuklir  Chernobyl, dan berbagai kebocoran reactor nuklir

Mempertanyakan
·         Mempertanyakan tentang radioaktivitas dan aplikasinya dalam teknologi dan masyarakat

Mengeksplorasi
·         Mengeksplorasi tentang struktur inti dan reaksi inti
·         Mendiskusikan manfaat  iptek nuklir mutahir yang sudah digunakan saat ini dalam berbagai kehidupan misalnya bidang industri dan pertanian
·         Mengeksplorasi tentang dampak radioaktivitas bagi mahluk hidup, lingkungan, iklim, ekonomi, politik dan sosial 
Mengassosiasi
·         Menghubungkan iptek nuklir dengan dampaknya berbagai kejadian baik yang menguntungkan maupun yang menimbulkan bahaya bagi kehidupan
Mengkomunikasikan
·         Mempresentasikan temuan tentang radioaktifitas, iptek nuklir dan pemanfaatannya dalam berbagai bidang
Tugas
·  Membuat klipping  tentang pemanfaatan iptek nuklir dalam berbagai bidang saat ini (industri, energi, pangan, pertanian, dsb)
·  Membuat karya tulis tentang pemanfaatan  radioaktivitas  dalam teknologi dan masyarakat
·  Membuat presentasi

Tes Tertulis
·  Menyelesaikan soal-soal sehubungan dengan struktur inti dan reaksi inti
·  Pemecahan masalah sehubungan dengan iptek nuklir



12 JP
(3 x 4 JP)
·         Fisika SMA Jilid III,
·         Fisika, Young and Freeman, Jilid II
·         Praktikum Fisika, Depdiknas












2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi

3.12   Memahami karakteristik inti atom, radioaktivitas, dan pemanfaatannya dalam teknologi
4.12  Menyajikan informasi tentang pemanfaatan radioaktivitas dan dampaknya bagi kehidupan
1.1   Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya
Sumber energi:
·   Sumber energi terbarukan dan tak terbarukan
·   Pembangkitan energi listrik
·   Dampak lingkungan
Mengamati:
·   Mencari informasi dari berbagai sumber informasi tentang pemanfaatan sumber-sumber energi dalam kehidupan manusia.
·   Menggali informasi dari berbagai sumber tentang sumber energi terbarukan dan tak terbarukan serta keterbatasannya
·   Menggali informasi dari berbagai sumber tentang pembangkitan energi listrik dari suatu sumber energi (mis: minyak, gas, geotermal, surya, nuklir, biogas, angin).
·   Menggali informasi tentang dampak ekplorasi dan eksploitasi sumber-sumber energi terhadap lingkungan.

Mempertanyakan
·         Mempertanyakan tentang berbagai  sumber daya energi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
·         Mempertanyakan bentuk tanggung hawab yang dapat dilakukan dalam sikap menggunakan energi

Mengeksplorasi
·     Mengeksplorasi tentang sumber-sumber energi, permasalahan dan solusinya, serta dampaknya bagi lingkungan
·   Mendiskukusikan  tentang sumber energi terbarukan dan tak terbarukan serta keterbatasan-keterbatasannya
·   Mendiskusikan tentang solusi alternatif dari masalah keterbatasan sumber energy di Indonesia.
·   Mendiskusikan tentang tentang dampak eksplorasi dan eksploitasi sumber energi terhadap lingkungan.
·   Mendiskusikan tentang pembangkitan energi listrik dan “green energy” (energi ramah lingkungan).
Mengassosiasi
·         Membuat hubungan antara penggunaan energi dan jumlah energi yang tersedia
·         Membuat hubungan antara penggunaan energy dan dampaknya bagi lingkungan
Mengkomunikasikan:
·         Membuat  presentasi hasil eksplorasi tentang penggunaan energi di Indonesia
·         Membuat karya tulis tentang ide/gagasan pemecahan masalah keterbatasan sumber daya energi, energi alternatif, dan dampaknya bagi kehidupan
Tugas:
·  Membuat klipping tentang sumber-sumber energi, masalah dan solusinya, serta dampaknya terhadap lungkungan.
·  Membuat karya tulis  tentang ide/gagasan pemecahan masalah keterbatasan sumber daya energi di Indonesia 

Tes Tertulis
·  Menyelesaikan soal-soal  berhubungan dengan penggunaan energi dan energi alternatif yang diusulkan


Portfolio
Laporan tertulis hasil eksplorasi


8 JP
(2 x 4 JP)
Giancoli
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi

3.13   Memahami keterbatasan sumber daya energi dan dampaknya bagi kehidupan
4.13   Menyajikan ide/gagasan pemecahan masalah keterbatasan sumber daya energi, energi alternatif, dan dampaknya bagi kehidupan





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Standar Oprasional Prosedur Laboratorium SMA

Cara Merawat dan Membersihkan Alat Laboratorium