SILABUS FISIKA KELAS XII
SILABUS MATA PELAJARAN: FISIKA
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas/
Semestar : XII
Kompetensi
Inti
KI
1
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI
2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
KI
3 Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
KI
4 Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan
fenomena alam fisis dan pengukurannya
|
1. Gelombang Bunyi
·
Karakteristik
gelombang bunyi
·
Cepat
rambat gelombang bunyi
·
Azas
Dopler
·
Fenomena
dawai dan pipa organa
·
Intensitas
dan taraf intensitas
2.Gelombang
Cahaya
·
Spektrum
cahaya
·
Difraksi
dan interferensi
·
Polarisasi
·
Teknologi
LCD dan LED
|
Mengamati
·
Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang bunyi dan permasalahannya dalam kehidupan sehari-hari
melalui berbagai sumber
·
Mencari
informasi tentang karakteristik cahaya serta prinsip dan penerapannya dalam
teknologi melalui berbagai sumber
·
Mengamati
peragaan fenomena difraksi dan interferensi kisi menggunakan laser pointer
dan CD bekas
Mempertanyakan
·
Mempertanyakan
tentang prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi
·
Mempertanyakan
berbagai fenomena difraksi, interferensi, dan polarisasi cahaya
Mengeksplorasi/Eksperimen
·
Mendiskusikan
tentang cepat rambat bunyi, azas Dopler dan intensitas bunyi
·
Mengidentifikasi
variabel bebas, terikat, dan kontrol untuk menyelidiki fenomena dawai dan
pipa organa.
·
Menentukan
alat dan bahan yang diperlukan untuk percobaan.
·
Melaksanakan
percobaan untuk menyelidiki fenomena dawai dan pipa organa secara berkelompok.
·
Diskusi
kelas difraksi dan interfrensi pada celah ganda, kisi, dan celah tunggal
·
Mengidentifikasi
variabel bebas, terikat, dan kontrol untuk menyelidiki pola difraksi dan
interferensi menggunakan kisi dan laser pointer.
·
Menentukan
alat dan bahan untuk percobaan.
·
Melaksanakan
percobaan untuk penyelidiki pola difraksi dan interferensi menggunakan kisi dan
laser pointer
·
Eksplorasi
pemanfaatan konsep dan prinsip cahaya pada teknologi layar LCD dan LED
Mengasosiasi
·
Menelaah
data kecepatan bunyi dalam berbagai media untuk mendapatkan faktor yang
mempengaruhi cepat rambat bunyi
·
Mengolah
data praktik kedalam grafik, menyusun persamaan grafik, dan menemukan
pengaruh perubahan jarak layar dan konstanta kisi terhadap jarak garis terang
pada layar serta menentukan panjang gelombang cahaya laser pointer
Mengomunikasikan
·
Presentasi
hasil diskusi tentang cepat rambat bunyi, azas Dopler dan intensitas bunyi
·
Presentasi
hasil eksplorasi tentang fenomenda dawai dan pipa organa
·
Penyusunan
laporan hasil kegiatan
|
Tugas
Kajian pustaka
tentang gelombang bunyi
Tes Tertulis Menerapkan konsep gelombang bunyi dan
cahaya dalam pemecahan masalah
Observasi
Ceklis pengamatan
pada saat presentasi dan praktik berkelompok
Portfolio
Laporan tertulis
kelompok hasil praktik dan presentasi
Tes
Tes tertulis
uraian dan/atau pilihan ganda gelombang bunyi dan cahaya
|
16 JP
(4 x 4 JP)
|
· Tri Widodo, FISIKA SMA, Pusat Perbukuan Depdiknas
· Nursyamsudin, Panduan Praktikum Terpilih, Erlangga
Alat
· Laser pointr
· Kisi atau Keping CD yang terpakai
· penggaris
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan
berdiskusi
|
|||||
3.1 Menerapkan
konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi
|
|||||
4.1 Merencanakan
dan melaksanakan percobaan interferensi cahaya.
|
|||||
1.1 Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan
fenomena alam fisis dan pengukurannya
|
Rangkaian arus
searah
·
Hukum
Ohm
·
Hukum
Kirchoff
|
Mengamati
·
Mencari
informasi karakteristik arus dan tegangan pada rangkaian seri dan paralel
·
Mengamati
peragaan menggunakan amperemeter dan voltmeter dalam rangkaian listrik
Mempertanyakan
·
Mempertanyakan
penggunaan hukum Ohm dan Kirchoff dalam rangkaian listrik
Eksperimen / Mengeksplorasi
·
Diskusi
kelompok susunan seri dan paralel resistor
·
Diskusi
kelas penerapan hukum ohm dan Kirchoff pada rangkaian arus bercabang
·
Mengukur
arus dan tegangan pada rangkaian tertutup
·
Mengeksplorasi
prinsip kerja peralatan listrik searah (DC) dalam kehidupan sehari-hari.
Mengasosiasi
·
Mengolah
data hasil praktik, membuat grafik, menuliskan persamaan grafik dan
gradiennya, dan memprediksi nilai output untuk nilai input tertentu
Mengomunikasikan
·
Membuat
laporan tertulis hasil praktik, membuat grafik, menuliskan persamaan grafik
dan gradiennya, dan mmprediksi nilai output untuk nilai input tertentu
·
Menyajikan
hasil evaluasi dari prinsip kerja peralatan listrik searah (DC).
|
Tugas
Menerapkan hukum
Ohm dan hukum Kirchoff dalam pemecahan masalah listrik
Observasi/ Kinerja
Ceklis pengamatan
pada saat praktik
Portfolio
Laporan tertulis
kelompok
Tes
Tes tertu;is tentang
hukum Ohm dan hukum Kirchoff
|
8 JP
(2 x 4 JP)
|
· Tri Widodo, FISIKA SMA, Pusat Perbukuan Depdiknas
· Nursyamsudin, Panduan Praktikum Terpilih, Erlangga
Alat
· Voltmeter
· Amperemeter
· Catu daya
· Resisitor
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
|||||
3.2 Mengevaluasi
prinsip kerja peralatan listrik searah (DC) dalam kehidupan sehari-hari
|
|||||
4.2 Melakukan
percobaan untuk menyelidiki karakteristik rangkaian listrik
|
|||||
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan
dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena alam fisis dan
pengukurannya
|
Listrik Statis
(Elektrostatika)
·
Muatan
Listrik
·
Gaya
Listrik
·
Kuat
Medan Listrik
·
Potensial
Listrik
·
Energi
Potensial
·
Kapasitor
|
Mengamati
·
Melakukan studi dari berbagai sumber untuk mencari
informasi tentang berbagai fenomena kelistrikan secara hardcopy dan softcopy dalam kehidupan
sehari-hari
·
Mengamati
peragaan fenomena kelistrikan di kehidupan sehari-hari menggunakan alat dan
bahan sederhana
·
Melakukan
pengamatan terhadap proses pengisisan dan pelepasan muatan pada kapasitor.
·
Mendiskusikan
pemanfaatan kapasitor dalam kehidupan sehari-hari.
Menanya
·
Mendiskusikan
tentang fenomena kelistrikan, muatan
listrik, fluks listrik dan interaksi antar muatan listrik
·
Mendiskusikan
tentang Gaya Listrik, Medan Listrik,
Potensial Listrik, Energi Potensial Listrik, dan Kapasitor
Mengomunikasikan
Presentasi hasil eksperimen
secara audio visual dan atau powepoin.
|
Tugas
Menyelesaikan
soal-soal tentang Listrik Statis dan Kapasitor
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
Laporan tertulis
rancangan dan kegiatan percobaan secara softcopy,
hardcopy, powerpoin dan audiovisual
Tes
Tes tertulis
bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
|
16 JP
(4 x 4 JP)
|
·
Fisika
SMA Jilid III,
·
Fisika,
Young and Freeman, Jilid II
·
Praktikum
Fisika, Depdiknas
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
|||||
3.5 Menganalis gaya listrik, kuat
medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapannya pada
berbagai kasus
|
|||||
4.5 Mengamati
proses pengisian dan pelepasan muatan pada kapasitor dalam kehidupan sehari-hari.
|
|||||
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan
dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena alam fisis dan
pengukurannya
|
Medan Magetik
·
Fluks
Magnit
·
Induksi
Magnit
·
Gaya
Magnetik
|
Mengamati
·
Mengumpulkan
informasi tentang bergagai fenomena kemagnitan secara hardcopy dan softcopy melalui
pengamatan di kehidupan sehari-hari dan atau studi literatur pada berbagai
sumber
·
Peragaan
fenomena kemagnetan di kehidupan sehari-hari menggunakan alat dan bahan
sederhana
Mempertanyakan
·
Diskusi
kelompok tentang fenomena kemagnitan dan fluks magnit,
·
Diskusi
kelas tentang induksi magnit dan gaya magnit dan peranannya pada berbagai produk
teknologi
Eksperimen / Mengeksplorasi
·
Praktik
menyelidik induksi magnit di sekitar kawat berarus listrik atau
·
Praktik
menyelidiki gaya magnetik oleh kawat berarus listrik
·
Membuat
motor listrik sederhana
Mengasosiasi
·
Mengolah
data hasil percobaan secara lengkap
Mengomunikasikan
·
Menyusun
laporan hasil percobaan
·
Presentasi
hasil eksperimen secara audio visual dan atau powepoin.
|
Tugas
·
Menulis
laporan ilmiah sebagai hasil studi literatur dari berbagai sumber tentang
pemanfaatan gaya magnetik pada berbagai produk teknoligi
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
Laporan tertulis
rancangan dan kegiatan percobaan secara softcopy,
hardcopy, powerpoin dan audiovisual
Tes
·
Tes
tertulis Menyelesaikan soal-soal tentang Induksi Magnetik dan Gaya Magnetik
|
12 JP
(3 x 4 JP)
|
Fisika SMA Jilid
III,
Fisika, Young and
Freeman, Jilid II
Praktikum Fisika,
Depdiknas
Alat
·
Magnet
batang
·
Kertas
logam
·
Kabel
penghubung
·
Kompas
atau magnet jarum
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
|||||
3.6 Menganalisis
induksi magnet dan gaya magnetik pada berbagai produk teknologi
|
|||||
4.6 Melaksanakan pengamatan induksi magnet dan
gaya magnetik di sekitar kawat berarus listrik
|
Komentar
Posting Komentar