Prinsip Dasar yang Harus Dipegang Saat Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas
Prinsip Dasar yang Harus Dipegang
Saat Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas
Kasihani (1999) dan Suyanto (1997),
mendaftar beberapa hal yang harus dijadikan sebagai prinsip dasar dalam
melakukan penelitian tindakan kelas (PTK), sebagaimana disajikan berikut ini
Pertama
PTK tidak boleh mengganggu tugas
utama dari guru yaitu mengajar. Jadi bila seorang guru sedang melakukan PTK,
maka ia sebenarnya sedang berusaha mengembangkan perannya sebagai guru yang
profesional, karena salah satu ciri guru yang profesional adalah dapat mengajar
dengan efektif sambil melakukan penelitian
Kedua
Pada saat kegiatan pengumpulan data
dalam PTK, tidak disarankan menggunakan waktu yang terlalu lama. Agar hal ini
terlaksana maka peneliti harus sudah merasa pasti dalam memilih teknik yang
tepat, termasuk pengumpulan data awal sebelum kegiatan PTK dimulai
Ketiga
Metodologi yang digunakan dalam PTK
harus tepat dan terpercaya. Bila metodologinya tepat akan memberi peluang bagi
guru untuk memformulasikan hipotesis tindakan dan mengembangan strategi yang
dapat diterapkan di kelasnya
Keempat
Masalah yang diangkat dalam PTK harus
merupakan masalah yang memang ada, faktual, menarik, dan layak untuk diteliti.
PTK sebaiknya dimulai dari hal-hal yang sederhana dan nyata. Dengan demikian
siklus dimulai dengan yang kecil sehingga perencanaan, pelaksanaan tindakan,
pengamatan, dan refleksi menjadi lebih jelas.
Kelima
PTK berorientasi pada perbaikan
pendidikan dengan jalan melakukan perubahan-perubahan yang dilaksanakan dalam
tindakan-tindakan. Kesiapan guru untuk berubah merupakan syarat penting bila
akan melakukan perbaikan.
Keenam
PTK merupakan proses sistematik yang
memerlukan kemampuan dan keterampilan intelektual. Pada saat proses penelitian,
maka peneliti dituntut berpikir kritis yaitu mulai menentukan masalah,
perencanaan tindakan baik yang bersifat teoritik maupun praktis, kemudian
dijabarkan dalam tindakantindakan
Ketujuh
PTK menuntut guru untuk membuat
catatan-catatan pribadi tentang semua kemajuan atau perubahan siswa, permasalahan-permasalahan
yang dialami, dan refleksi tentang proses belajar siswa, serta proses
pelaksanaan tindakan-tindakan dalam penelitian
Kedelapan
Dalam PTK guru dapat melihat dan
menilai diri sendiri terhadap apa yang telah dilakukan di kelasnya. Dengan melihat
unjuk kerjanya, kemudian direfleksi dan diperbaiki, guru akan lebih terampil
dalam melaksanakan profesinya.
Written by : Suhadinet
Komentar
Posting Komentar