TT SBM

KONSEP STRATEGI PEMBELAJARAN & PENGAPLIKASIANNYA

Strategi pembelajaran adalah cara-cara yang akan digunakan oleh pengajar untuk memilih kegiatan belajar yang akan digunakan selama proses pembelajaran. Pemilihan tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi, sumber belajar, kebutuhan, dan karakteristik peserta didik yang dihadapi dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran tertentu.
Hubungan antara strategi, tujuan, dan metode pembelajaran dapat digambarkan sebagai suatu kesatuan sistem yang bertitik tolak dari penentuan tujuan pembelajaran, pemilihan strategi pembelajaran, dan perumusan tujuan, yang kemudian diimplementasikan ke dalam berbagai metode yang relevan selama proses pembelajaran berlangsung.
Komponen pembelajaran meliputi :
Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan
Penyampaian Informasi
Partisipasi Peserta Didik
Tes (Evaluasi)
Kegiatan Lanjutan

Dari uraian tersebut di atas dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut :
 1. Strategi pembelajaran adalah sebagai daya upaya guru dalam menciptakan sistem lingkungan yang memungkinkan siswa belajar atau pilihan pola perbuatan guru siswa dalam perwujudan kegiatan belajar-mengajar.
 2. Walaupun terdapat pendapat yang berbeda tentang makna strategi, tetapi perbedaan itu hanya terletak pada aksentuasinya saja, ada yang berpendapat strategi sebagai pemikiran abstrak konsepsional, yakni pemikiran tentang berbagai hal yang akan dilaksanakan guru dalam meningkatkan hasil pembelajarannya, dan ada yang mengatakan strategi sebagai operasionalisasinya yang terdiri dari tigakegiatan yakni pra-instruksional, instruksional, dan evaluasi.
 3. Sebagai kriteria dari pemilihan strategi pembelajaran antara lain, tujuan pembelajaran, Ketrampilan materi pelajaran yang dituntut, media yang akan digunakan, dan sistem evaluasi yang akan digunakan, serta siswa sebagai subjek dan guru juga sebagai pelaksana.

 4. Model/strategi pembelajaran yang dapat digunakan dalam penyampaian materi antara lain, model pemrosesan informasi (meliputi pembelajaran konsep, pembelajaran berpikir induktif, dan model inquiri) model pembelajaran individual (model pembelajaran tidak langsung dan model pembelajaran pelatihan kesadaran).


Referensi : Suhaji,2008.Konsep strategi pembelajaran dan pengaplikasiannya. purwokerto : Jurnal pemikiran alternatif Indonesia . Vol. 13|No. 3|Sep-Des 2008|ISSN : 474-492

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merawat dan Membersihkan Alat Laboratorium

TT Strategi Belajar Mengajar