TT Pengelolaan pendidikan


MASALAH GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DAN KERANGKA MODEL SUPERVISI PENGAJARAN


Menurut jurnal penelitian yang telah  admin baca masalah  kebanyakan dari guru-guru dalam mengimplementasikan K13 seperti dibawah ini :
Melalui penelitian ini ditemukan permasalahan yang dihadapi guru dalam implementasi Kurikulum 2013 dalam pencapaian:
 (1) standar isi, yaitu guru kurang memahami kerangka dasar dan struktur kurikulum, ketidakcukupan waktu karena muatan isi terlalu luas, penanaman konsep karena tidak didukung oleh informasi teknologi;
(2) standar proses, yaitu guru mengalami kesulitan dalam mengembangkan RPP, penerapan pembelajaran saintifik, tematik terpadu, konstruktivistik, penggunaan media terutama laptop dan LCD;
 (3) standar kompetensi lulusan, yaitu kesulitan dalam mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran, kesulitan dalam mengembangkan kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan secara terpadu;
(4) standar penilaian, yaitu kesulitan dalam membuat soal tes dan menyusun intrumen non-tes, melaksanakan penilaian proses karena jumlah siswa dalam rombongan belajar terlalu banyak. Kerangka model supervisi pembelajaran untuk membantu memecahkan masalah guru meliputi penerapan model supervisi kelompok, kemudian untuk guru yang menghadapi masalah khusus diterapkan model supervisi individual.
Model supervisi pembelajaran yang disarankan bagi: (1) Kepala sekolah dalam membantu memecahkan masalah yang dihadapi guru, (2) Pengawas sekolah dalam membantu memecahkan masalah yang dihadapi guru dan kepala sekolah, serta (3) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di Jawa Timur dalam membina kemampuan guru dan kepala sekolah; yaitu dengan menerapkan model supervisi kelompok dan kemudian dilanjutkan dengan menerapkan model supervisi individual untuk membantu guru yang menghadapi masalah khusus.

Referensi :
Maysaroh dkk, 2014 . “Masalah Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 dan Kerangka Model Supervisi Pengajaran” . Semarang : jurnal manajemen pendidikan . VOL 24, NO 3, MARET 2014: ISSN : 203-212


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merawat dan Membersihkan Alat Laboratorium

TT Strategi Belajar Mengajar