TT Pengelolaan pendidikan

KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN OLEH KEPALA SEKOLAH


Salah satu karakteristik yang harus dimiliki sekolah efektif adalah kepemimpinan pembelajaran yang tangguh. Kepemimpinan pembelajaran merupakan suatu konstruk multidimensi (multidimensional construct) yang berkenaan dengan bagaimana kepala sekolah mengorganisir dan mengkoordinir kehidupan kerja (the work life) di sekolah. Kepemimpinan pembelajaran yang efektif memerlukan hubungan yang sinergis antara faktor eksternal sekolah dengan perilaku kepemimpinan pembelajaran, khususnya perilaku pemimpin sekolah dalam mengarahkan dimensi-dimensi internal sekolah kearah peningkatan kinerja pembelajaran. Faktor eksternal sekolah yang berkaitan dengan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah meliputi nilai-nilai dan harapan masyarakat (community values and expectations), serta struktur kelembagaan (institutional structure) di mana sekolah itu berada.
Kepemimpinan pembelajaran (instructional leadership) adalah tindakan yang dilakukan dengan maksud mengembangkan lingkungan kerja yang produktif dan memuaskan bagi guru, serta mengembangkan kondisi dan hasil belajar yang diinginkan siswa
Peran penting kepemimpinan pembelajaran dalam membina profesionalisme guru seharusnya memiliki implikasi bahwa kepemimpinan sekolah perlu mengalihkan perhatian dari sekedar melakukan pembinaan administratif menjadi pembinaan profesional dengan pusat perhatian pada peningkatan kinerja pembelajaran di sekolah. perilaku kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah, yaitu perilaku teknis, hubungan antar manusia, edukasional, simbolik, dan perilaku kultural, merupakan suatu kesatuan yang integral.Nilai-nilai (values) dan keyakinan-keyakinan (beliefs) pribadi kepala sekolah dan pengalamanpengalaman (experiences) sebelumnya akan mempengaruhi keputusan dan tindakannya sebagai seorang pemimpin pembelajaran. Keyakinan (belief) kepala sekolah tentang kemampuan siswa dalam belajar juga sangat penting.

KESIMPULAN

 Berdasarkan uraian di atas maka dapat dirumuskan kesimpulan sebagai berikut. Pertama, sebagai kepemimpinan pembelajaran, kepala sekolah diharapkan mampu mengekspresikan perilaku-perilaku kepemimpinan pembelajaran yang dicirikan dengan peranan dan fungsinya sebagai management engineer, communicator, clinical practioner, role model, dan sebagai high priest. Kedua, sebagai pemimpin pembelajaran, kepala sekolah harus mempertimbangkan faktor eksternal dalam upayanya meningkatkan pembelajaran, yakni: faktor nilai-nilai dan harapan masyarakat, dan faktor struktur kelembagaan sekolah. Ketiga, sebagai pemimpin pembelajaran, ada empat dimensi internal sekolah yang perlu dipertimbangkan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pembelajaran, yakni sosialisasi visi dan misi sekolah, penataan pembelajaran, peningkatan praktek pembelajaran, dan penciptaan iklim pembelajaran yang sehat.

Referensi :
kusmintarjo, 2014. "KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN OLEH KEPALA SEKOLAH" . Malang : Universitas Negeri Malang. Jurnal Manajemen Pendidikan. VOL 24, No 3, ISSN: 203-212

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merawat dan Membersihkan Alat Laboratorium

TT Strategi Belajar Mengajar