TT SBM

Assalamualaikum cantik !!
Kemarin admin udah post mengenai strategi ekspository kan nah sekarang admin akan membahas mengenai pengaruh dari strategi pembelajaran tersebut ditambah dengan strategi pembelajaran inkuiri pada siswa kelas lima sekolah dasar yang dimana data ini di dapatkan dari Jurnal Nasional yang berjudul :

"PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR by : Prayekti "

Seperti yang kita tahu bahwa Strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan metode pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu. apabila strategi yang kita gunakan tepat maka siswa akan dengan mudah menerima pembelajaran yang kita berikan tetapi apabila strategi pembelajaranyang kita berikan salah dan kurang tepat maka pembelajaran yang kita berikan akan sia-sia.

Guru pada pembelajaran ekspositori beranggapan siswa memiliki kemampuan dan kepandaian yang sama dalam menerima materi, dengan dijelaskan materi IPA, siswa sudah paham dan menguasai IPA secara optimal. Pada kelas pembelajaran inkuiri, siswa dibagi dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4 orang siswa melakukan percobaan IPA secara inkuiri dan menjawab pertanyaan dalam LKS. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang hasil percobaan yang dilakukannya. Penerapan pembelajaran inkuiri pada materi IPA dianggap paling tepat karena IPA adalah pengetahuan yang diperoleh berdasarkan kerja dari ilmuwan secara ilmiah, dibuktikan dengan melakukan percobaan, diumumkan secara universal. Kesimpulan Nilai rata-rata IPA siswa pada pembelajaran inkuiri sebesar 73.3. Sedangkan nilai IPA siswa pada ekspositori sebesar 58.3. Perbedaan signifikan rata-rata nilai IPA siswa yang diberikan sistem pembelajaran inkuiri dan ekspositori. Strategi pembelajaran memberikan pengaruh signifikan terhadap nilai IPA yang diperolah siswa kelas V SD.

Referensi : Prayekti, 2015. "PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR" . Tanggerang : Universitas Terbuka. Jurnal nasional fisika, Vol V. ISSN :  2476-9398




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merawat dan Membersihkan Alat Laboratorium

TT Strategi Belajar Mengajar