KRITERIA PEMILIHAN MEDIA YANG BAIK
Media Pembelajaran Yang Baik
Media pembelajaran sangat berperan untuk
keberhasilan proses belajar mengajar. Peranan media pembelajaran
terutama adalah untuk membantu penyampaian materi kepada siswa. Dalam
hal ini bisa terlihat bahwa tingkat kualitas atau hasil belajar juga
dipengaruhi oleh kualitas media pembelajaran yang digunakan.
Untuk mendapatkan kualitas media
pembelajaran yang baik agar dapat memberikan pengaruh yang signifikan
dalam proses belajar mengajar, maka diperlukan pemilihan dan perencanaan
penggunaan media pembelajaran yang baik dan tepat. Pemilihan media pembelajaran yang tepat ini menjadikan media pembelajaran efektif digunakan dan tidak sia-sia jika diterapkan.
Arsyad (2013: 74) menjelaskan bahwa
kriteria pemilihan media bersumber dari konsep bahwa media pembelajaran
merupakan bagian dari sistem instruksional secara keseluruhan. Maka
beberapa kriteria yang perlu diperhatikan dalam pemilihan media pembelajaran yang baik adalah sebagai berikut:
Sesuai Dengan Tujuan
Media pembelajaran harus dipilih
berdasarkan tujuan instruksional dimana akan lebih baik jika mengacu
setidaknya dua dari tiga ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Hal
ini bertujuan agar media pembelajaran sesuai dengan arahan dan tidak
melenceng dari tujuan. Media pembelajaran juga bukan hanya mampu
mempengaruhi aspek intelegensi siswa, namun juga aspek lain yaitu sikap
dan perbuatan.
Tepat Mendukung Materi yang Bersifat Fakta, Konsep, Prinsip, dan Generalisasi
Tepat Mendukung Materi yang Bersifat Fakta, Konsep, Prinsip, dan Generalisasi
Tidak semua materi dapat disajikan secara
gamblang melalui media pembelajaran, terkadang harus disajikan dalam
konsep atau simbol atau sesuatu yang lebih umum baru kemudian disertakan
penjelasan. Ini memerlukan proses dan keterampilan khusus dari siswa
untuk memahami hingga menganalisis materi yang disajikan. Media
pembelajaran yang dipilih hendaknya mampu diselaraskan menurut kemampuan
dan kebutuhan siswa dalam mendalami isi materi.
Praktis, Luwes, dan Bertahan
Media pembelajaran yang dipilih tidak
harus mahal dan selalu berbasis teknologi. Pemanfaatan lingkungan dan
sesuatu yang sederhana namun secara tepat guna akan lebih efektif
dibandingkan media pembelajaran yang mahal dan rumit. Simpel dan mudah
dalam penggunaan, harga terjangkau dan dapat bertahan lama serta dapat
digunakan secara terus menerus patut menjadi salah satu pertimbangan
utama dalam memilih media pembelajaran.
Mampu dan Terampil Menggunakan
Apapun media yang dipilih. guru harus
mampu menggunakan media tersebut. Nilai dan manfaat media pembelajaran
sangat ditentukan oleh bagaimana keterampilan guru menggunakan media
pembelajaran tersebut. Keterampilan penggunaan media pembelajaran ini
juga nantinya dapat diturunkan kepada siswa sehingga siswa juga mampu
terampil menggunakan media pembelajaran yang dipilih.
Pengelompokan Sasaran
Siswa terdiri dari banyak kelompok
belajar yang heterogen. Antara kelompok satu dengan yang lain tentu
tidak akan sama. Untuk itu pemilihan media pembelajaran tidak dapat
disama ratakan, memang untuk media pembelajaran tertentu yang bersifat
universal masih dapat digunakan, namun untuk yang lebih khusus
masing-masing kelompok belajar harus dipertimbangkan pemilihan media
pembelajaran untuk masing-masing kelompok.
Hal yang perlu diperhatikan mengenai
kelompok belajar siswa sebagai sasaran ini misalnya besar kecil kelompok
yang bisa digolongkan menjadi 4 yaitu kelompok besar, kelompok sedang,
kelompok kecil, dan perorangan. Latar belakang secara umum tiap kelompok
perli diperhatikan seperti latar belakang ekonomi, sosial, budaya, dan
lain-lain. Kemampuan belajar masing-masing siswa dalam kelompok juga
wajib diperhatikan untuk memilih mana media pembelajaran yang tepat
untuk dipilih.
Mutu Teknis
Pemilihan media yang akan digunakan harum
memenuhi persyaratan teknis tertentu. Guru tidak bisa asal begitu saja
menentukan media pembelajaran meskipun sudah memenuhi kriteria
sebelumnya. Tiap produk yang dijadikan media pembelajaran tentu memiliki
standar tertentu agar produk tersebut laik digunakan, jika produk
tersebut belum memiliki standar khusus guru harus mampu menentukan
standar untuk produk tersebut agar dapat digunakan untuk media
pembelajaran.
Pemilihan media pembelajaran
yang akan digunakan dalam pembelajaran yang memperhatikan
kriteria-kriteria tersebut akan menghasilkan atau menemukan media
pembelajaran yang berkualitas dan sesuai atau tepat digunakan untuk
masing-masing materi pembelajaran. Media pembelajaran yang dipilih juga
mampu dengan mudah membantu guru menyampaikan materi kepada siswa, siswa
juga dapat lebih mudah menerima dan memahami materi pembelajaran dengan
bantuan media pembelajaran yang sudah dipilih berdasarkan kriteria
diatas.
Beberapa nilai tambah lain juga bisa
didapat jika tepat dalam pemilihan media pembelajaran. Misalnya saja
siswa mampu menambah atau meningkatkan keterampilan tertentu seperti
mendengarkan dan konsentrasi. Dari segi ke-ekonomis-an pemilihan media
pembelajaran yang mampu digunakan berkali-kali juga sangat dapat menekan
biaya atau anggaran untuk pengadaan dan produksi media pembelajaran.
Komentar
Posting Komentar