TT SBM
Assalamualaikum
cantik !!
Kemarin
admin udah post mengenai strategi ekspository kan nah sekarang admin akan
membahas mengenai pengaruh dari strategi pembelajaran tersebut ditambah dengan
strategi pembelajaran inkuiri pada siswa kelas lima sekolah dasar yang dimana
data ini di dapatkan dari Jurnal Nasional yang berjudul :
"PENGARUH STRATEGI
PEMBELAJARAN INKUIRI DAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 5
SEKOLAH DASAR by : Prayekti "
Seperti
yang kita tahu bahwa Strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang
dipilih untuk menyampaikan metode pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran
tertentu. apabila strategi yang kita gunakan tepat maka siswa akan dengan mudah
menerima pembelajaran yang kita berikan tetapi apabila strategi
pembelajaranyang kita berikan salah dan kurang tepat maka pembelajaran yang
kita berikan akan sia-sia.
Guru
pada pembelajaran ekspositori beranggapan siswa memiliki kemampuan dan
kepandaian yang sama dalam menerima materi, dengan dijelaskan materi IPA, siswa
sudah paham dan menguasai IPA secara optimal. Pada kelas pembelajaran inkuiri,
siswa dibagi dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4 orang siswa melakukan
percobaan IPA secara inkuiri dan menjawab pertanyaan dalam LKS. Siswa
mengemukakan pendapatnya tentang hasil percobaan yang dilakukannya. Penerapan
pembelajaran inkuiri pada materi IPA dianggap paling tepat karena IPA adalah
pengetahuan yang diperoleh berdasarkan kerja dari ilmuwan secara ilmiah,
dibuktikan dengan melakukan percobaan, diumumkan secara universal. Kesimpulan
Nilai rata-rata IPA siswa pada pembelajaran inkuiri sebesar 73.3. Sedangkan
nilai IPA siswa pada ekspositori sebesar 58.3. Perbedaan signifikan rata-rata
nilai IPA siswa yang diberikan sistem pembelajaran inkuiri dan ekspositori. Strategi pembelajaran memberikan pengaruh
signifikan terhadap nilai IPA yang diperolah siswa kelas V SD.
Referensi : Prayekti, 2015. "PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DAN
EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA
KELAS 5 SEKOLAH DASAR" . Tanggerang : Universitas Terbuka. Jurnal nasional fisika, Vol V. ISSN : 2476-9398
Komentar
Posting Komentar