TT SBM
KONSEP STRATEGI PEMBELAJARAN & PENGAPLIKASIANNYA
Strategi pembelajaran
adalah cara-cara yang akan digunakan oleh pengajar untuk memilih kegiatan
belajar yang akan digunakan selama proses pembelajaran. Pemilihan tersebut
dilakukan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi, sumber belajar, kebutuhan,
dan karakteristik peserta didik yang dihadapi dalam rangka mencapai tujuan
pembelajaran tertentu.
Hubungan antara
strategi, tujuan, dan metode pembelajaran dapat digambarkan sebagai suatu
kesatuan sistem yang bertitik tolak dari penentuan tujuan pembelajaran,
pemilihan strategi pembelajaran, dan perumusan tujuan, yang kemudian
diimplementasikan ke dalam berbagai metode yang relevan selama proses
pembelajaran berlangsung.
Komponen pembelajaran
meliputi :
Kegiatan
Pembelajaran Pendahuluan
Penyampaian
Informasi
Partisipasi
Peserta Didik
Tes
(Evaluasi)
Kegiatan
Lanjutan
Dari uraian tersebut di
atas dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut :
1. Strategi pembelajaran adalah sebagai daya
upaya guru dalam menciptakan sistem lingkungan yang memungkinkan siswa belajar
atau pilihan pola perbuatan guru siswa dalam perwujudan kegiatan
belajar-mengajar.
2. Walaupun terdapat pendapat yang berbeda
tentang makna strategi, tetapi perbedaan itu hanya terletak pada aksentuasinya
saja, ada yang berpendapat strategi sebagai pemikiran abstrak konsepsional,
yakni pemikiran tentang berbagai hal yang akan dilaksanakan guru dalam
meningkatkan hasil pembelajarannya, dan ada yang mengatakan strategi sebagai
operasionalisasinya yang terdiri dari tigakegiatan yakni pra-instruksional,
instruksional, dan evaluasi.
3. Sebagai kriteria dari pemilihan strategi
pembelajaran antara lain, tujuan pembelajaran, Ketrampilan materi pelajaran
yang dituntut, media yang akan digunakan, dan sistem evaluasi yang akan
digunakan, serta siswa sebagai subjek dan guru juga sebagai pelaksana.
4. Model/strategi pembelajaran yang dapat
digunakan dalam penyampaian materi antara lain, model pemrosesan informasi
(meliputi pembelajaran konsep, pembelajaran berpikir induktif, dan model
inquiri) model pembelajaran individual (model pembelajaran tidak langsung dan
model pembelajaran pelatihan kesadaran).
Referensi : Suhaji,2008.Konsep strategi pembelajaran dan pengaplikasiannya. purwokerto : Jurnal pemikiran alternatif Indonesia . Vol. 13|No. 3|Sep-Des 2008|ISSN : 474-492
Komentar
Posting Komentar