TT Pengelolaan pendidikan
MASALAH
GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DAN KERANGKA MODEL SUPERVISI PENGAJARAN
Menurut jurnal penelitian
yang telah admin baca masalah kebanyakan dari guru-guru dalam
mengimplementasikan K13 seperti dibawah ini :
Melalui penelitian ini
ditemukan permasalahan yang dihadapi guru dalam implementasi Kurikulum 2013
dalam pencapaian:
(1) standar isi, yaitu guru kurang memahami
kerangka dasar dan struktur kurikulum, ketidakcukupan waktu karena muatan isi
terlalu luas, penanaman konsep karena tidak didukung oleh informasi teknologi;
(2) standar proses,
yaitu guru mengalami kesulitan dalam mengembangkan RPP, penerapan pembelajaran
saintifik, tematik terpadu, konstruktivistik, penggunaan media terutama laptop
dan LCD;
(3) standar kompetensi lulusan, yaitu
kesulitan dalam mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran,
kesulitan dalam mengembangkan kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan
secara terpadu;
(4) standar penilaian,
yaitu kesulitan dalam membuat soal tes dan menyusun intrumen non-tes,
melaksanakan penilaian proses karena jumlah siswa dalam rombongan belajar
terlalu banyak. Kerangka model supervisi pembelajaran untuk membantu memecahkan
masalah guru meliputi penerapan model supervisi kelompok, kemudian untuk guru
yang menghadapi masalah khusus diterapkan model supervisi individual.
Model supervisi
pembelajaran yang disarankan bagi: (1) Kepala sekolah dalam membantu memecahkan
masalah yang dihadapi guru, (2) Pengawas sekolah dalam membantu memecahkan
masalah yang dihadapi guru dan kepala sekolah, serta (3) Kepala Dinas
Pendidikan Kabupaten/Kota di Jawa Timur dalam membina kemampuan guru dan kepala
sekolah; yaitu dengan menerapkan model supervisi kelompok dan kemudian
dilanjutkan dengan menerapkan model supervisi individual untuk membantu guru
yang menghadapi masalah khusus.
Referensi :
Maysaroh dkk, 2014 . “Masalah Guru dalam Implementasi Kurikulum
2013 dan Kerangka Model Supervisi Pengajaran” . Semarang : jurnal manajemen
pendidikan . VOL 24, NO 3, MARET 2014: ISSN : 203-212
Komentar
Posting Komentar