TT Pengelolaan pendidikan
KEPEMIMPINAN
PEMBELAJARAN OLEH KEPALA SEKOLAH
Salah satu karakteristik
yang harus dimiliki sekolah efektif adalah kepemimpinan pembelajaran yang
tangguh. Kepemimpinan pembelajaran merupakan suatu konstruk multidimensi
(multidimensional construct) yang berkenaan dengan bagaimana kepala sekolah
mengorganisir dan mengkoordinir kehidupan kerja (the work life) di sekolah.
Kepemimpinan pembelajaran yang efektif memerlukan hubungan yang sinergis antara
faktor eksternal sekolah dengan perilaku kepemimpinan pembelajaran, khususnya
perilaku pemimpin sekolah dalam mengarahkan dimensi-dimensi internal sekolah
kearah peningkatan kinerja pembelajaran. Faktor eksternal sekolah yang
berkaitan dengan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah meliputi nilai-nilai
dan harapan masyarakat (community values and expectations), serta struktur kelembagaan
(institutional structure) di mana sekolah itu berada.
Kepemimpinan
pembelajaran (instructional leadership) adalah tindakan yang dilakukan dengan
maksud mengembangkan lingkungan kerja yang produktif dan memuaskan bagi guru,
serta mengembangkan kondisi dan hasil belajar yang diinginkan siswa
Peran penting
kepemimpinan pembelajaran dalam membina profesionalisme guru seharusnya
memiliki implikasi bahwa kepemimpinan sekolah perlu mengalihkan perhatian dari
sekedar melakukan pembinaan administratif menjadi pembinaan profesional dengan
pusat perhatian pada peningkatan kinerja pembelajaran di sekolah. perilaku
kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah, yaitu perilaku teknis, hubungan antar
manusia, edukasional, simbolik, dan perilaku kultural, merupakan suatu kesatuan
yang integral.Nilai-nilai (values) dan keyakinan-keyakinan (beliefs) pribadi
kepala sekolah dan pengalamanpengalaman (experiences) sebelumnya akan
mempengaruhi keputusan dan tindakannya sebagai seorang pemimpin pembelajaran. Keyakinan
(belief) kepala sekolah tentang kemampuan siswa dalam belajar juga sangat
penting.
KESIMPULAN
Berdasarkan uraian di atas maka dapat
dirumuskan kesimpulan sebagai berikut. Pertama, sebagai kepemimpinan
pembelajaran, kepala sekolah diharapkan mampu mengekspresikan perilaku-perilaku
kepemimpinan pembelajaran yang dicirikan dengan peranan dan fungsinya sebagai
management engineer, communicator, clinical practioner, role model, dan sebagai
high priest. Kedua, sebagai pemimpin pembelajaran, kepala sekolah harus mempertimbangkan
faktor eksternal dalam upayanya meningkatkan pembelajaran, yakni: faktor
nilai-nilai dan harapan masyarakat, dan faktor struktur kelembagaan sekolah.
Ketiga, sebagai pemimpin pembelajaran, ada empat dimensi internal sekolah yang
perlu dipertimbangkan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pembelajaran,
yakni sosialisasi visi dan misi sekolah, penataan pembelajaran, peningkatan
praktek pembelajaran, dan penciptaan iklim pembelajaran yang sehat.
Referensi :
kusmintarjo, 2014. "KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN OLEH KEPALA SEKOLAH" . Malang : Universitas Negeri Malang. Jurnal Manajemen Pendidikan. VOL 24, No 3, ISSN: 203-212
Komentar
Posting Komentar